Intip 6 Masjid Termegah dan Terbesar di Afrika

Dengan gaya arsitektur dan kemegahannya, menarik minat banyak wisatawan bertandang ke masjid-masjid ini untuk melihat dari dekat.

oleh Nurmayanti diperbarui 27 Jun 2015, 20:00 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2015, 20:00 WIB
Intip 6 Masjid Termegah dan Terbesar di Afrika
Dengan gaya arsitektur dan kemegahannya, menarik minat banyak wisatawan bertandang ke masjid-masjid ini untuk melihat dari dekat.

Liputan6.com, Nigeria - Ini adalah daftar masjid terbesar dan termegah di Afrika. Selain menjadi tempat Umat Islam beribadah, keberadaan masjid ini menjadi penanda kemajuan arsitektur yanng indah dan menakjubkan. Serta perlambang keberadaan Umat Islam di Benua Afrika.

Dengan gaya arsitektur dan kemegahannya, menarik minat banyak wisatawan dan pelancong bertandang ke masjid-masjid ini untuk menyaksikan dari dekat. Berikut adalah beberapa masjid terbesar di Afrika, seperti melansir laman Pulse, Sabtu (27/6/2015):

1. Masjid Hassan II atau Grande Mosquée Hassan II

Dijuluki "Casablanca Haji" karena lokasinya di Casablanca, Maroko. Ini adalah masjid terbesar di Maroko dan Afrika dan terbesar ke-7 di dunia.

Masjid ini memiliki luas 970 ribu kaki persegi. Dengan dilengkapi menara tertinggi di dunia, setinggi 210 meter. Selesai dibangun pada 1993, masjid ini dirancang Michel Pinseau dan dibangun Bouygues. Sebanyak 60 menara menjulang yang dilengkapi laser yang cahayanya mengarah langsung ke Mekkah.

Dengan menara tingginya, kita bisa melihat Samudera Atlantik. Selain itu, pemandangan dasar laut juga bisa dilihat melalui lantai kaca aula gedung. Dinding marmer terbuat dari kerajinan tangan dan atap yang bisa ditarik.

Maksimal 105 ribu jamaah bisa beribadah di dalam masjid, dimana 25 ribu di dalam ruang masjid dan 80 ribu lain di luar.

2. Masjid Al-Azhar, Kairo

Dibangun pada zaman prasejarah, masjid ini seluas 85 ribu kaki persegi. Nama masjid ini bisa diartikan 'masjid yang paling gemilang', ini mengingatkan pada keindahan dan kemegahannya. Dengan kapasitas hingga 20 ribu orang, ini pasti salah satu yang terbesar di benua Afrika. Masjid ini juga menjadi simbol Islam di Kairo.

3. Masjid Agung Conakry

Dibangun pada tahun 1982, ini menjadi masjid terbesar ke-4 di Afrika dan terbesar di Sub-Sahara Afrika. Masjid ini bisa menampung lebih dari 20 ribu jamaah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

Intip 6 Masjid Termegah dan Terbesar di Afrika
Dengan gaya arsitektur dan kemegahannya, menarik minat banyak wisatawan bertandang ke masjid-masjid ini untuk melihat dari dekat.

 

4. Masjid Abdelkader Emir, Constantine

Sejak tahun 1994, Aljazair telah menjadi rumah bagi masjid bersejarah ini. Gaya arsitektur murni terlihat dari tampilannya. Tidak hanya itu, interior masjid bahkan dikatakan bisa membuat seorang mukmin tak akan pernah jadi ateis. Ini bisa menampung hingga 15 ribu jamaah.

5. Masjid Nasional Ghaddafi, Kampala

Relatif baru dibandingkan dengan yang lain, bangunan agama ini terletak di Bukit Kampala dan selesai dibangun pada 2006. Pembangunannya atas titah Presiden Libya Muammar Ghaddafi sebagai hadiah kepada Uganda dan juga salah satu upaya mengembangkan populasi Muslim. Masjid ini sekarang disebut sebagai Masjid Nasional Uganda.

6. Masjid Juma, Durban

Masjid ini pertama dibangun pada 1881 di Durban. Dengan delapan menara, masjid ini mampu menampung hingga 6.000 jamaah. Tempat ibadah ini terkenal sebagai masjid tertua dan terbesar di belahan bumi selatan.(Nrm/Igw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya