12 Terminal di Jakarta Berbenah Sambut Mudik Lebaran

Selain ketiga terminal utama, terminal bantuan semisal Terminal Rawamangun, Pinang Ranti, dan Tanjung Priok juga disiapkan.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 29 Jun 2015, 17:33 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2015, 17:33 WIB
Salah Desain, Terminal Bus Rawamangun Belum Bisa Beroperasi Normal
Suasana di Terminal Bus Rawamangun, Jakarta, Jumat (29/5/2015). Terminal Rawamangun yang baru saja direnovasi ini diduga salah desain lantaran tak bisa dimasuki bus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya armada bus yang disiapkan untuk menghadapi mudik Lebaran 2015, kesiapan terminal di seluruh wilayah di Jakarta juga terus diupayakan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Benjamin Bukit menyatakan, 12 terminal di Jakarta sudah siap menghadapi mudik Lebaran. Terutama, terminal utama, yakni Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, dan Pulogadung.

"Nanti ada kegiatan di situ, seperti dinas kesehatan ada uji urine, uji alkohol. Kemudian Dishub ada uji ‎kelaikan jalan. Kalau sudah itu semua dipenuhi baru bisa busnya berangkat," kata Benjamin di Balaikota, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Selain ketiga terminal utama, terminal bantuan semisal Terminal Rawamangun, Pinang Ranti, dan Tanjung Priok juga disiapkan. Terminal Rawamangun yang sebelumnya bermasalah juga sudah siap digunakan.

"Ramawangun tetap bisa. Kan AKAP (bus antarkota antarprovinsi) sekarang sudah masuk melintas semua," ujar dia.

Untuk mudik Lebaran 2015, sebanyak 7.923 bus dari 41 perusahaan otobus (PO) sudah siap melayani warga Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman. Jumlah itu belum termasuk 490 bus bantuan dari bus pariwisata dan bus kota. (Ndy/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya