H-6 Lebaran, Menteri Jonan Cek Terminal I Bandara Soetta

Menteri Jonan memantau semua kesiapan pihak Angkasa Pura II dalam menyambut arus mudik.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 12 Jul 2015, 02:06 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2015, 02:06 WIB
20150702-Menhub-Pantau-Posko-Mudik-Nasional-Jakarta-Ignasius-Jonan5
Menhub, Ignasius Jonan melihat pantauan arus mudik dalam Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2015, di Kemenhub, Jakarta, Kamis (2/7/2015). Posko dibentuk H-15 lebaran lebih awal dari tahun lalu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Tangerang - Enam hari menjelang Idul Fitri, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengecek arus mudik di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Jonan memantau semua kesiapan pihak Angkasa Pura II dalam menyambut arus mudik.

Saat datang di terminal keberangkatan, Jonan melihat belum ada lonjakan penumpang. Meski begitu, Jonan meminta manajemen AP II untuk tetap memantau hingga Lebaran tiba.

Dengan didampingi pejabat AP II dan Otoritas Bandara (Otban), Jonan langsung memantau posko. Ia kemudian menyapa petugas gabungan dan mengecek data yang tersedia di posko. Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia ini sempat melihat grafik pergerakan keberangkatan ataupun kedatangan pesawat domestik.

"Sampai H-6 ini belum terpantau pergerakan penumpang yang melonjak. Ataupun adanya penumpukan penumpang, semua masih normal," ucap Jonan, Sabtu (11/7/2015) malam.

Dia pun melihat arus penumpang di pintu masuk keberangkatan domestik yang dinilai masih sepi. Menteri Jonan melihat kali ini penumpang di Bandara Soetta lebih tertib. Sebab, sudah tak ada lagi penumpang yang membeli tiket di bandara.

"Mereka beli tiket di agen, online, pokoknya tidak di bandara. Jadi lebih tertib, antrean tidak melonjak di pintu masuk, semua sudah dikendalikan oleh pihak bandara ataupun maskapai," pungkas Menhub Jonan.

Sementara itu, Posko Pantauan Arus Lebaran tetap beroperasi hingga 24 jam. Petugas gabungan dari kepolisian, keamanan terminal, dan unsur lain disiapkan di posko tersebut. (Ans/Tho)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya