Penumpang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Melonjak 4 Kali Lipat

Kapasitas maksimal Bandara Adisutjipto hanya 1,2 juta penumpang setiap hari.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 05 Jul 2016, 23:17 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2016, 23:17 WIB
bandara adisutjipto yogyakarta
(Fathi Mahmud/Liputan6.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - General Affair and Communication Section Head PT AP I Bandara Internasional Adisutjipto, Edwin Wibowo mengatakan, jumlah penumpang antara H-3 sampai H+4 melonjak sampai empat kali lipat.

Pada hari biasa, jumlah penumpang datang dan pergi di Adisutjipto berkisar 6.000 orang, sementara pada libur Lebaran menjadi 24.000-26.000 orang per hari. Sampai saat ini, kondisi operasional bandara yang telah dipadati calon penumpang itu relatif lancar.

Edwin juga mengungkapkan, rute Jakarta-Yogyakarta mendominasi jadwal penerbangan karena secara umum rute tersebut yang paling padat.

"Persoalan yang dihadapi Adisutjipto saat ini adalah overload penumpang," tutur Edwin, Selasa (5/7/2016). Bandara seharusnya menampung 1,2 juta penumpang setiap tahun, akan tetapi pada 2015 lalu tercatat 5,8 juta penumpang.

Pasca-insiden bom di Mapolresta Solo, PT Angkasa Pura (AP) I memperketat pengamanan Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sejak pagi, sebanyak 18 personel keamanan yang dibantu personel dari TNI AU, Lanud Adisutjipto dan POM TNI AU berjaga-jaga di kawasan bandara.

"Terutama di sepanjang akses jalan menuju bandara dan lobi bandara," ujar Edwin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya