Dampak Penutupan Sementara 4 Layanan di RSUD Poso karena Covid-19

Penutupan sejumlah layanan kesehatan akibat tenaga medis terpapar Covid-19 juga terjadi di RSUD Kabupaten Poso. Tercatat sebanyak 36 dokter dan perawat positif virus tersebut.

oleh Heri Susanto diperbarui 22 Des 2020, 21:00 WIB
Diterbitkan 22 Des 2020, 21:00 WIB
ruang isolasi di RSUD Undata Palu
Ruang isolasi di RSUD Undata Palu yang menjadi rujukan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Heri Susanto/ Liputan6.com).

Liputan6.com, Poso - Penutupan sejumlah layanan kesehatan akibat tenaga medis terpapar Covid-19 juga terjadi di RSUD Kabupaten Poso. Tercatat sebanyak 36 dokter dan perawat positif virus tersebut.

 

Empat layanan RSUD Poso yang ditutup sementara itu adalah instalasi gawat darurat, poliklinik rawat jalan, pemeriksaan radiologi, serta bedah sentral atau kamar operasi. Penutupan diajukan langsung oleh Dirut RSUD Poso ke Bupati Poso pada 18 Desember 2020 menyusul temuan kasus dokter dan perawat yang terkonfirmasi Covid-19 setelah menjalani uji seka.

"Hari ini saya telah menyetujui penutupan selama 14 hari. Laporan yang saya terima ada 36 orang baik dokter maupun perawat yang positif Covid-19," Bupati Poso, Darmin Sigilipu menerangkan, Minggu (20/12/2020).

Bersamaan dengan penutupan sementara itu, Darmin meminta puskesmas yang ada di kabupaten tersebut memberikan pelayanan maksimal kepada warga yang berobat. Pemda setempat juga bekerjasama dengan RS swasta dan RS dr Yanto milik TNI AD untuk melayani warga.

Darmin berharap langkah tersebut bisa mempercepat penanganan yang dilakukan satgas Covid-19 di Poso untuk memutus penyebaran Covid-19 lebih luas.

Berdasarkan data Pusdatina Covid-19 Sulawesi Tengah, hingga 21 Desember, 2020, jumlah temuan kasus di Kabupaten Poso tercatat 275 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 125 pasien sembuh dan 7 kasus meninggal dunia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya