Kemendikbud Ristek Sokong Ratusan Program Kreatif Mahasiswa UGM

UGM menjadi universitas dengan urutan pertama yang berhasil mendapatkan dana pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dengan 348 proposal.

oleh Yanuar H diperbarui 08 Mei 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2021, 12:00 WIB
Universitas Gadjah Mada Masuk Daftar Perguruan Tinggi Paling Eksotik di Dunia
UGM menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang masuk daftar kampus paling eksotis di Dunia (Sumber foto: www.ugm.ac.id

Liputan6.com, Yogyakarta - UGM menjadi universitas dengan urutan pertama yang berhasil mendapatkan dana pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan 348 proposal. Kepala Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman mengatakan jumlah tersebut terbanyak di antara perguruan tinggi lainnya.

"Ada 348 proposal PKM UGM pada PKM tujuh bidang yang lolos menerima pendanaan. Kita bersyukur atas capaian ini," katanya, Kamis (6/5/2021).

Ditjen Dikti Kemdikbud mengumumkan pendanaan PKM 2021. UGM berada pada peringkat pertama dengan 348 proposal, lalu ITS dengan 298 proposal. Diikuti  IPB dengan 244 proposal, Universitas Brawijaya 236 proposal, serta Universitas Diponegoro 192 proposal.

Suherman mengatakan sebelumnya UGM mengajukan 804 proposal PKM pada sembilan bidang dan lolos 348 proposal meliputi 43 proposal PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K), 43 proposal PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC),  27 proposal PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M), 203 proposal PKM bidang Riset (PKM-R) meliputi 151 proposal PKM Riset Eksakta dan 52 proposal Riset Sosial Humaniora, dan 7 proposal PKM bidang Penerapan Iptek (PKM-PI).

Berikutnya, 5 proposal PKM Karya Inovatif (PKM-KI), 20 proposal PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Sementara itu untuk dua PKM lainnya yakni  PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan proposal PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) masih dalam proses penilaian Kemdikbud.

Ia pun menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh tim PKM UGM yang berhasil mendapatkan pendanaan. Ia berharap ke-348 tim PKM UGM ini nantinya dapat berjalan lancar dalam pelaksanaan programnya. 

“Semoga nantinya banyak tim PKM UGM yang bisa lolos PIMNAS 2021,” harapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya