Bakal Dimulai Agustus 2022, Begini Persiapan Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara

Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdan menyebut pembangunan IKN akan dimulai pada awal Agustus 2022, sebagian besar logistik pembangunan didatangkan dari luar daerah.

oleh Apriyanto diperbarui 22 Jun 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2022, 08:00 WIB
IKN
Lokasi titik nol yang masih menjadi primadona pengunjung untuk berswafoto. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Penajam Paser Utara - Proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) diprediksi akan dimulai pada Agustus 2022 mendatang. Hal ini dilihat dari persiapan anggaran yang telah dilakukan. Bahkan, sejumlah kegiatan pembangunan sudah mulai masuk dalam tender.

Saat dikonfirmasi, Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdan Pongrewa mengatakan kemungkinan pembangunan akan dimulai pada awal bulan Agustus.

"Kemungkinan awal Agustus ini sudah mulai berjalan pembangunan, walaupun semuanya sudah ada kegiatan persiapan di lapangan," terang Hamdan kepada awak media, saat ditemui di titik nol IKN Nusantara, Sabtu (18/6/2022).

Sejauh ini, persiapan di lapangan yang sudah berjalan yaitu pengerjaan jalur logistik. Di mana jalur ini menjadi penentu awal berjalannya pembangunan IKN. "Untuk jalur logistiknya ini sudah siap dari beberapa bulan yang lalu," sebutnya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pelabuhan Balikpapan Turut Dipersiapkan

Terlebih dulu dilakukannya pengerjaan jalur logistik ini lantaran sebagian besar logistik untuk pembangunan IKN berasal dari luar daerah. Hal ini dikarenakan daerah sekitar IKN tidak mempunyai banyak bahan-bahan baku untuk pembangunan.

"Hampir 95 persen logistik berasal dari luar daerah. kita tidak punya cukup banyak bahan-bahan baku di sini, kecuali material alam seperti batu dan pasir, tapi itu kan komponen yang tidak banyak," papar Hamdan.

Hamdan menambahkan, saat ini selain jalur darat yang telah siap untuk mempermudah pengangkutan logistik, sejumlah pelabuhan khusus juga dipersiapkan untuk menerima logistik saat dikirim, termasuk pelabuhan yang ada di Kota Balikpapan.

"Ya, kombinasi (darat dan laut) pasti dimanfaatkan, ada beberapa pelabuhan khusus, intinya seluruh pelabuhan khusus akan dimanfaatkan untuk menerima logistik," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya