10 Atlet Sepak Takraw Gorontalo Kompak Pindah ke Jabar, Ada Masalah Apa?

Mereka sebelumnya dibina di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Gorontalo dan sebagian lagi berstatus atlet pelatnas.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 17 Nov 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi permainan olahraga sepak takraw
Ilustrasi permainan olahraga sepak takraw. (Image by NOK NAKORN from Pixabay)

Liputan6.com, Gorontalo - Pemerintah Provinsi Gorontalo mengakui ada 10 atlet sepak takraw yang pindah domisili ke Provinsi Jawa Barat (Jabar). Mereka sebelumnya dibina di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Gorontalo dan sebagian lagi berstatus atlet pelatnas.

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Wahyudin Katili menyebut, perpindahan domisili atlet sebagai pilihan masing-masing individu. Ia memastikan mereka bukan atlet inti sepak takraw Gorontalo. Kalah bersaing dengan atlet-atlet yang masih setia membela daerah.

"Hanya perlu dipahami bahwa mereka ini adalah atlet-atlet lapisan berikut yang saat ini sudah sulit masuk lagi di barisan tim inti sepak takraw Gorontalo. Mereka harus bersaing dengan atlet lain baik dari aspek kualitas maupun mental disiplin," kata Wahyudin.

Wahyudin tidak terlalu mempersoalkan perpindahan 10 atlet sepak takraw itu. Ia menilai Provinsi Gorontalo masih memiliki banyak stok atlet yang berkualitas.

Pembinaan di level pelajar juga terus dilakukan sehingga tradisi Gorontalo sebagai penyumbang atlet sepak takraw nasional dan internasional tetap terjaga.

"Perlu disyukuri atlet cabang olahraga takraw kita agak melimpah potensi atletnya. Barangkali atlet-atlet yang pindah ini juga masih harus diberikan kesempatan untuk berkembang dan mendapatkan peluang di daerah lain. Insya Allah tim inti dan kader atlet muda juga saat ini masih terjaga integritasnya dan terus dibina," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:


Tanggapan Pelatih

Di tempat terpisah, pelatih sepak takraw PPLP Gorontalo Herson Taha membantah jika kepindahan mantan anak didiknya itu akibat kurangnya perhatian pemerintah. Ia menyebut kepedulian pemerintah provinsi yang justru membuat mereka menjadi atlet.

“Mereka semua adalah atlet yang dibina oleh PPLP dari nol. Saya yang menangani mereka dari tidak tahu menendang bola sampai jadi atlet nasional. Saya harus jujur mengakui bahwa prestasi yang diraih sepak takraw selama ini berkat dukungan anggaran pemerintah provinsi,” jelas Herson.

Ia berharap semua pihak bijak menilai masalah ini. Menurut Herson, Provinsi Gorontalo sedikit berbeda dengan daerah daerah dengan APBD yang melimpah. Gorontalo fokus pada pembinaan berkelanjutan pada atlet muda dengan bonus yang relatif kecil.

"Daerah lain mungkin bisa memberikan bonus yang lebih karena mereka tidak pernah menghabiskan uang untuk pembinaan. Mereka terima jadi saja. Makanya saya tidak setuju kalau dibilang pemerintah daerah tidak ada perhatian," ia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya