Manfaat Wortel bagi Tubuh Manusia Selain untuk Kesehatan Mata

Wortel memiliki rasa manis alami dan konsistensi renyah saat mentah serta menjadi salah satu bahan utama memasak sayuran di rumah.

oleh Panji Prayitno diperbarui 15 Sep 2023, 20:48 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 07:00 WIB
Manfaat Wortel Bagi Tubuh Manusia Selain Untuk Kesehatan Mata
Berikut manfaat wortel untuk mencerahkan bibir (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang populer di Indonesia. Beragam kreasi olahan masakan dengan bahan wortel banyak ditemukan.

Wortel tumbuh dari akar tanaman wortel (Daucus carota) dan umumnya memiliki bentuk silindris dan warna oranye terang. Meskipun ada varietas wortel dengan warna ungu, kuning, dan putih.

Bagian yang umumnya dikonsumsi adalah akar wortel itu sendiri. Sayuran wortel memiliki rasa manis alami dan konsistensi renyah saat mentah. Namun, olahan wortel dapat dilakukan dengan cara dimasak, dikukus, dipanggang, atau ditambahkan ke berbagai hidangan seperti sup, tumisan, dan salad.

Selain itu, wortel juga sering digunakan dalam pembuatan jus. Wortel adalah sayuran yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat wortel:

Kaya Nutrisi

Wortel mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat. Mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam wortel dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, sehingga membantu melawan infeksi dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Serat dan kalium dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kandungan Wortel

Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin A dalam wortel dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Vitamin A membantu mencegah kulit kering, mengurangi kerutan, dan mempromosikan penyembuhan luka.

Antioksidan

Wortel mengandung senyawa antioksidan, seperti beta-karoten, lutein, dan likopen. Antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam wortel dapat membantu meningkatkan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan meningkatkan gerakan usus.

Menyediakan Hidrasi

Wortel memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Penting untuk mencatat bahwa manfaat wortel dapat diperoleh dengan mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya