Belum Maksimal, Pj Gubernur Minta OPD Percepat Penanganan Masalah Sulbar

Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemprov untuk bergerak cepat dalam menyelesaikan sejumlah program.

oleh Abdul Rajab Umar diperbarui 24 Okt 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 06:30 WIB
Pj Gubernur Sulbar
Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Mamuju - Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemprov untuk bergerak cepat dalam menyelesaikan sejumlah program. Hal itu dia sampaikan saat melakukan rapat evaluasi program OPD, Senin (23/10/23).

Utamanya dalam menyelesaikan program penanganan stunting, perkawinan anak usia dini, kemiskinan ekstrem, anak putus sekolah dan Inflasi (masalah 4+1 daerah). Karena selama ini, penanganan yanh dilakukan dia nilai belum cukup cepat.

Dalam kesempatan rapat evaluasi itu, Zudan meminta semua OPD yang menjadi leading sector penanganan masalah 4+1 untuk membuat petunjuk teknis (juknis). Nantinya juknis itu akan menjadi acuan bersama dalam membuat program unutuk menuntaskan sejumlah permasalahan.

"Buat juknis penyelesaian ATS, juknis stunting, juknis untuk menurunkan inflasi. Begitu juga juknis untuk pernikahan anak usia dini serta kemiskinan ekstrem," ujar Zudan.

Sestama BNPP itu menegaskan, pembuatan juknis sangat penting agar semua program yang dibuat OPD dapat satu frekuensi. Sehingga semua yang terlibat dalam penanganan masalah 4+1 daerah dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan, tidak saling tumpang tindih.

"Jadi jangan lupa, teman-teman buat juknis ini sampai sedetail-detailnya agar frekuensi kita sama, agar kita semua bisa mengerti bagaimana dalam menyelesaikan penanganan masalah 4+1 ini," tegas Zudan.

Karena itu, mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri itu memberi tenggat waktu lima hari bagi tiap OPD untuk menyelesaikan juknis itu. Dia tidak ingin ada OPD yang lambat atau terkesan santai dalam menyelesaikan penanganan masalah 4+1.

"Jumat harus selesai semua juknis. Nanti saya terbitkan dalam bentuk keputusan gubernur tentang juknis penanganan masalah 4+1 Sulbar," tutup Zudan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya