Deretan Film Indonesia yang Diputar di BIFF 2024

BIFF merupakan ajang festival film berskala internasional yang fokus dalam upaya memperkenalkan film serta sutradara baru, khususnya di kawasan Asia. Setidaknya, ada lima judul film Indonesia yang bakal diputar di BIFF 2024.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 04 Okt 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 11:00 WIB
Gadis Kretek di BIFF. (Foto: Netflix)
“Senang sekali melihat antusiasme penonton hari ini di BIFF," kata Kamila Andini. "Semoga Gadis Kretek bisa menambah warna cerita yang kami hadirkan dari Indonesia, kisah cinta berpadu latar belakang industri kretek dari tanah tempatnya tumbuh,” tambahnya. [Foto: Netflix]

Liputan6.com, Yogyakarta - Sejumlah film karya sineas Tanah Air bakal diputar di Busan International Film Festival (BIFF) 2024. Tahun ini, BIFF ke-29 itu kembali diselenggarakan pada 2 Oktober-11 Oktober 2024.

BIFF merupakan ajang festival film berskala internasional yang fokus dalam upaya memperkenalkan film serta sutradara baru, khususnya di kawasan Asia. Setidaknya, ada lima judul film Indonesia yang bakal diputar di BIFF 2024. Apa saja?

1. Crocodile Tears  

Film Crocodile Tears disutradara oleh Tumpal Tampubolon dan diproduseri oleh Mandy Marahimin. Film ini bakal diputar di program A Window on Asian Cinema BIFF 2024.

Film ini menceritakan tentang Johan yang tinggal bersama ibunya di sebuah peternakan buaya di Jawa Barat. Bagi ibunya, Johan dan buaya adalah segalanya dalam hidupnya.

Namun, kehidupan ini membuat Johan, yang sekarang sudah dewasa, merasa tercekik dan terintimidasi. Suatu hari, Johan bertemu Arumi yang akhirnya membuatnya mulai merasakan perasaan cinta. Kehadiran Arumi di tengah hubungan keluarga Johan dan ibunya perlahan menjadi bencana.

Film produksi Indonesia, Prancis, Singapura, dan Jerman ini dibintangi oleh Yusuf Mahardika, Marissa Anita, dan Zulfa Maharani. Adapun di BIFF 2024, film Crocodile Tears dijadwalkan tayang pada 3, 5, dan 6 Oktober 2024.

2. Don't Cry, Butterfly 

Film Don't Cry, Butterfly disutradarai oleh Duong Dieu Linh dan diproduseri oleh Si En Tan, Wilfredo C Manalang, dan Mai Ka Nguyen. Film ini bakal diputar di program A Window on Asian Cinema BIFF 2024.

Film produksi Vietnam, Singapura, Filipina, dan Indonesia ini menggabungkan genre fantasi dan horor dengan drama komik sebagai dasarnya. Kisahnya berfokus pada Tam yang meminta pertolongan kepada dukun agar suaminya yang kerap berselingkuh bisa kembali jatuh cinta padanya.

Film ini dijadwalkan tayang di BIFF 2024 pada 4, 5, dan 10 Oktober 2024.

3. Suintrah 

Film Suintrah disutradarai oleh Ayesha Alma Almera dan diproduseri oleh Sofhy Pratiwi. Film ini akan diputar di program Wide Angle BIFF 2024 yang berfokus pada film pendek dan dokumenter Asia. 

Film Suintrah berkisah tentang Jor dan putranya yang pindah ke desa terpencil karena kesulitan ekonomi. Penduduk desa sangat pendiam dan memiliki kemampuan pendengaran manusia super. Masyarakat di desa itu memiliki aturan tidak boleh berbicara keras-keras.

Film ini akan dibintangi oleh Landung Simatupang, Nizar Azza Faezya Tama, Alex Suhendra, Freddy Rotterdam, Dinu Imansyah, Maychelinna Anis, dan Viva Inti. Penayangannya di BIFF 2024 dijadwalkan pada 7-9 Oktober 2024.

 


Tale of the Land

4. Tale of the Land

Film Tale of the Land disutradarai oleh Loeloe Hendra dan diproduseri oleh Yulia Evina Bhara dan Amerta Kusuma. Film ini akan tayang di program New Currents di BIFF 2024, sebuah program yang menampilkan film-film pertama atau kedua dari sutradara-sutradara Asia yang sedang naik daun.

Film ini berkisah tentang gadis Dayak bernama May. Setelah menyaksikan kematian orang tuanya, ia pingsan setiap kali menginjakkan kaki ke daratan. Tuha, kakeknya, membawanya untuk tinggal di sebuah rumah di atas danau.

Film produksi Indonesia, Filipina, Taiwan, dan Qatar ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Arswendy Bening Swara, Angga Yunanda, dan Yusuf Mahardika. Film ini dijadwalkan tayang di BIFF 2024 pada 4, 5, dan 9 Oktober 2024.

5. Tiger Stripes 

Film Tiger Stripes disutradarai oleh Amanda Nell Eu dan diproduseri oleh Fei Ling Foo, Patrick Mao Huang, Fran Borgia, Juliette Lepoutre, Pierre Menahem, Jonas Waydemann, Ellen Havenith, dan Yulia Evina Bhara. Film ini bakal diputar di Special Program in Focus BIFF 2024.

Film produksi Malaysia, Taiwan, Singapura, Prancis, Jerman, Belanda, Indonesia, dan Qatar ini bercerita tentang dunia Zafran. Ia adalah remaja pertama yang mengalami menstruasi di antara teman-teman lainnya.

Lingkungannya yang konservatif, membuat Zaffran dinilai tidak lagi bersih. Perlahan-lahan, Zaffan menemukan tubuhnya mulai berubah, sehingga ia pun dikucilkan. Ia mulai belajar untuk menyerang balik dan mencintai tubuhnya sendiri.

Film ini dibintangi oleh Zafreen Zairizal, Deena Ezral, Piqa, Shaheisy Sam, Jun Lojong, Khairunazwan Rodz, dan Fatimah Abu Bakar. Film Tiger Straps dijadwalkan tayang di BIFF 2024 pada 3 dan 6 Oktober 2024.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya