Jokowi Pulang ke Solo Usai Pensiun, Begini Persiapan Pemkot

Pemkot Solo menyiapkan penyambutan untuk kepulangan Jokowi dan Iriana setelah tak lagi menjabat sebagai presiden. Jokowi akan pulang ke kediaman pribadinya di Solo.

oleh Fajar Abrori diperbarui 18 Okt 2024, 10:04 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 10:04 WIB
Jokowi.
Presiden Joko Widodo saat meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat, 26 Juli 2024. (Foto: Presiden.go.id)

Liputan6.com, Solo - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersiap menyambut kepulangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana pada Minggu (20/10/2024). Pasangan ini direncanakan akan langsung kembali ke kampung halaman mereka setelah serah terima jabatan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Penjabat sementara (Pjs)  Wali Kota Solo, Dhoni Widianto, mengungkapkan bahwa penyambutan kepulangan Jokowi-Iriana akan melibatkan tiga pemerintah daerah meliputi Boyolali, Karanganyar, dan Solo. Namun, Pemkot Solo akan mengadakan penyambutan khusus untuk mantan presiden tersebut.

"Penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan kepada Pak Jokowi. Pemkot Solo akan mengucapkan terima kasih melalui baliho dan videotron, serta mengadakan prosesi sederhana di kediaman Jokowi di daerah Sumber," kata Dhoni ketika dihubungi, Jumat (17/10/2024).

Pasrah Tinampi

Meskipun demikian, detail acara untuk prosesi penyambutan masih menunggu konfirmasi dari protokol istana. Rencananya, prosesi di kediaman pribadi Jokowi akan dilakukani tradisi pasrah tinampi, sebuah upacara penyerahan dan penerimaan di kediaman pribadinya i Jalan Kutai Utara No 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

“Jadi nanti ada pasrah tinampi, jadi ada memasrahkan dan ada yang menerima. Mungkin nanti pakai tradisi Jawa untuk prosesi (pasrah tinampi),” ujar dia.

Menurut rencana, Jokowi akan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali sekitar pukul 16.00 WIB. Namun, Dhoni menekankan bahwa jadwal pasti kedatangan masih menunggu konfirmasi dari Jakarta.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya