RUN System Setop Buyback Saham Setelah Capai Target

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) atau RUN System berencana untuk menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai saham treasuri.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 21 Nov 2022, 10:21 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2022, 10:21 WIB
Pembukaan-Saham
Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) atau RUN System menghentikan pembelian kembali saham (buyback). Penghentian aksi ini menyusul jumlah saham yang dibeli perseroan telah mencapai target yang direncanakan.

Perseroan sebelumnya berencana melakukan pembelian kembali saham (buyback) sebanyak-banyaknya sebesar Rp 786,85 juta. Pembelian kembali saham atau buyback saham akan dilakukan secara bertahap pada periode 5 Oktober 2022 sampai dengan 4 Januari 2023.

Namun, saat ini perseroan telah merealisasikan pembelian saham senilai Rp 758,43 juta, sehingga buyback dihentikan. Perseroan telah merealisasikan pembelian kembali saham sebanyak 4.474.900 lembar saham atau senilai Rp 785,43 juta selama periode 5 Oktober sampai dengan 16 November.

"Dengan demikian, maka proses pembelian kembali saham dihentikan,” kata Direktur PT Global Sukses Solusi Tbk, Nizar dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (21/11/2022).

Perseroan berencana untuk menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai treasury stock dengan jangka waktu tidak lebih dari tiga. tahun sejak berakhirnya pembelian kembali saham.

Global Sukses Solusi berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham ini tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perseroan. Mengingat perseroan memiliki modal dan cash flow yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan.

“Pembelian kembali saham diharapkan dapat menstabilkan harga saham Perseroan dalam kondisi pasar yang fluktuatif, selain memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham Perseroan secara fundamental,” kata Nizar.

Di sisi lain, pembelian kembali saham juga memberikan fleksibilitas bagi perseroan dalam mengelola modal jangka panjang Perseroan di mana saham treasury dapat dijual pada masa yang akan datang dengan nilai yang optimal jika perseroan memerlukan penambahan modal.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Global Sukses Solusi Buyback Saham Mulai 6 Oktober 2022

Pasar saham Indonesia naik 23,09 poin
Pekerja mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan Sekuritas di Jakarta, Rabu (14/11). Pasar saham Indonesia naik 23,09 poin atau 0,39% ke 5.858,29. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham perseroan yang telah dikeluarkan. Aksi ini dilakukan dalam kondisi pasar yang berfluktuasi.

Direktur PT Global Sukses Solusi Tbk, Nizar mengungkapkan, perseroan akan melakukan pembelian kembali saham dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp 786,85 juta. Dana yang digunakan dalam aksi buyback ini berasal dari kas internal perseroan.

“Perseroan meyakini bahwa pembelian kembali saham tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan Perseroan, karena sampai dengan saat ini Perseroan mempunyai modal kerja yang memadai untuk membiayai kegiatan usaha perseroan,” kata Nizar dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (5/10/2022).

Perseroan berencana untuk menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai treasury stock dengan jangka waktu tidak lebih dari tiga. tahun sejak berakhirnya pembelian kembali saham.

Pembelian kembali saham perseroan akan dilakukan pada harga yang dianggap baik dan wajar oleh Perseroan, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Aksi ini akan dilaksanakan dalam periode tiga bulan. Terhitung mulai Kamis, 6 Oktober 2022 sampai dengan 5 Januari 2023.

 


Tujuan Buyback

20170210- IHSG Ditutup Stagnan- Bursa Efek Indonesia-Jakarta- Angga Yuniar
Suasana pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan asumsi penggunaan kas internal untuk pembelian kembali saham perseroan sebanyak- banyaknya sebesar Rp 786,85 juta, maka aset dan ekuitas akan menurun sebesar angka tersebut. ditambah biaya transaksi pembelian kembali saham.

Perseroan berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham ini tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perseroan. Mengingat perseroan memiliki modal dan cash flow yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan.

“Pembelian kembali saham diharapkan dapat menstabilkan harga saham Perseroan dalam kondisi pasar yang fluktuatif, selain memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham Perseroan secara fundamental,” kata Nizar.

Di sisi lain, pembelian kembali saham juga memberikan fleksibilitas bagi perseroan dalam mengelola modal jangka panjang Perseroan di mana saham treasury dapat dijual pada masa yang akan datang dengan nilai yang optimal jika perseroan memerlukan penambahan modal.


Perluas Pasar ERP, Global Sukses Solusi Gandeng Jababeka Infrastruktur

Akhir tahun 2017, IHSG Ditutup di Level 6.355,65 poin
Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Perdagangan saham di penghujung tahun ini ditutup langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) melakukan kontrak kerja sama dengan PT Jababeka Infrastruktur sebagai mitra distribusi.

Hal tersebut disampaikan perseroan melalui keterbukaan informasinya kepada regulator, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), 13 Oktober 2021.Perseroan tidak merinci dengan jelas kontrak kerja sama seperti apa yang akan dilakukannya dengan PT Jababeka Infrastruktur.

Perseroan menegaskan, kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan ekspansi perusahaan RUN System yang lebih menjangkau banyak pihak. Sehingga pasar industri ERP bisa semakin meluas.

Sistem ERP (Enterprise Resources Planning) adalah paket sistem dan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian mereka, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, proyek, SDM, dan-lain-lain.

"Kerja sama ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan dan optimalisasi untuk proses bisnis pengguna RUN System dengan sistem terintegrasi," kata Direktur Global Sukses Solusi Nizar.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya