Meneropong Prospek Pasar Asia di Tengah Antisipasi Siklus Penurunan Suku Bunga Global

Manulife Investment Management menilai, saham di Asia menawarkan nilai lebih menarik dan memberikan potensi yang lebih tinggi bagi investor.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 23 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 17:00 WIB
Meneropong Prospek Pasar Asia di Tengah Antisipasi Siklus Penurunan Suku Bunga Global
Kebijakan suku bunga masih menjadi pertimbangan pasar secara global. Meskipun sebagian besar inflasi terkendali di Asia, tantangan yang terus-menerus akibat kenaikan suku bunga The Fed telah membatasi konsumsi dan investasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan suku bunga masih menjadi pertimbangan pasar secara global. Meskipun sebagian besar inflasi terkendali di Asia, tantangan yang terus-menerus akibat kenaikan suku bunga The Fed telah membatasi konsumsi dan investasi di perekonomian Asia.

Kendati begitu, Senior Portfolio Manager Equities Manulife Investment Management, Marco Giubin percaya, pelonggaran hambatan dikombinasikan dengan tren revisi pendapatan yang meningkat untuk Asia kecuali Jepang. Bersamaan dengan itu, dari sisi valuasi yang menarik dapat mendorong potensi pemeringkatan ulang ekuitas Asia.

"Ekuitas Asia saat ini diperdagangkan pada rasio harga terhadap pendapatan (P/E) yang diproyeksikan sekitar 12 kali lipat perkiraan pendapatan mereka untuk tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan pendapatan yang diharapkan lebih dari 15%," ujar Giubin dalam Manulife Investment Management 2024 Mid-year Regional Market Outlook, Selasa (23/7/2024).

Sebaliknya, Ekuitas AS diperdagangkan pada proyeksi rasio P/E yang jauh lebih tinggi, yakni 21 kali lipat perkiraan pendapatan pada 2025. Bersamaan dengan itu, perkiraan tingkat pertumbuhan pendapatan yang sedikit lebih rendah yaitu sebesar 14%.

"Ekuitas Asia tampaknya menawarkan nilai yang lebih menarik, memberikan potensi yang lebih tinggi bagi investor pertumbuhan pendapatan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan ekuitas AS," imbuh Giubin.

Dari sudut pandang geografis, Manulife IM lebih konstruktif terhadap Tiongkok karena valuasi yang rendah dan ekspektasi pasar yang lebih hati-hati. Respons kebijakan bertahap Tiongkok diharapkan dapat memitigasi dampak pelemahan sektor properti.

Meskipun India masih memiliki struktur struktural yang kuat, posisi kami masih hati-hati mengingat valuasi yang tinggi dan mayoritas tipis pemerintahan Modi, yang menimbulkan pertanyaan tentang beberapa pendorong model pertumbuhan yang didorong oleh investasi.

"Akibatnya, kami mulai lebih memilih saham-saham yang berhubungan dengan konsumsi yang memiliki kinerja buruk pada saham-saham industri sebelum pemilu India," lanjut Giubin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prospek Pasar di Asia Utara

Ilustrasi bursa saham Asia (Foto by AI)
Ilustrasi bursa saham Asia (Foto by AI)

Di Asia Utara, Manulife IM secara bertahap menjadi lebih positif terhadap Korea Selatan dibandingkan dengan Taiwan, mengingat valuasi dan upcycle dalam Dynamic Random Access Memory (DRAM).

Sementara banyak saham teknologi Taiwan telah memberikan peringkat ulang secara signifikan pada tematik AI meskipun banyak yang hanya memberikan penilaian positif terhadap Korea. Selain itu, banyak produsen baterai Korea Selatan yang berkinerja buruk secara signifikan karena kekhawatiran terhadap pertumbuhan pasar kendaraan listrik.

"Kami yakin nama-nama ini terlihat sangat murah mengingat masih adanya peluang pertumbuhan untuk mempercepat minat terhadap rantai pasokan kendaraan listrik Korea Selatan sebagai penggantinya.” pungkas Giubin.


Wall Street Terbenam Setelah Aksi Ambil Untung hingga Gangguan IT Global

(Foto: Ilustrasi wall street. Dok Unsplash/lo lo)
(Foto: Ilustrasi wall street. Dok Unsplash/lo lo)

Sebelumnya, bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street merosot pada perdagangan Jumat, 19 Juli 2024 yang ditandai dengan rotasi saham-saham perusahaan besar ke saham-saham perusahaan kecil.

Mengutip CNBC, Sabtu (20/7/2024), indeks S&P 500 merosot 0,71 persen ke posisi 5.505. Indeks Nasdaq tergelincir 0,81 persen ke posisi 17.726,94. Indeks Dow Jones melemah 377,49 poin atau 0,93 persen ke posisi 40.287,53.

Pergerakan wall street menandai penurunan lainnya secara keseluruhan. Indeks Russell 2000 merosot 0,63 persen. Namun, pergeseran ke arah-arah nama yang dipandang sebagai penerima manfaat lebih besar dari penurunan suku bunga the Federal Reserve (the Fed) atau suku bunga bank sentral AS ke saham kapitalisasi kecil dinilai masih menjadi tema pekan ini.

Adapun selama sepekan, indeks S&P 500 dan Nasdaq masing-masing turun 1,97 persen dan 3,65 persen menandai kerugian mingguan terbesar sejak April. Indeks Nasdaq juga hentikan kenaikan selama enam minggu berturut-turut. Di sisi lain, indeks Dow Jones bertambah 0,72 persen, sedangkan indeks Russell 2000 yang fokus pada saham kecil menguat 1,68 persen.

 

 


Pasar Saham Alami Rotasi

Plang Wall Street di dekat Bursa Efek New York. (Richard Drew/AP Photo)
Dalam file foto 11 Mei 2007 ini, tanda Wall Street dipasang di dekat fasad terbungkus bendera dari Bursa Efek New York. (Richard Drew/AP Photo)

"Pasar saham sedang mengalami rotasi yang sudah lama tertunda. Investor merealisasikan keuntungan dari saham teknologi besar dan memiliki kinerja sangat baik dan memindahkannya ke area lain di pasar,” kata Chief Investment Officer GDS Wealth Management, Glen Smith.

Perbedaan tersebut telah mendorong para pendukung wall street, yang khawatir reli pasar menjadi terlalu bergantung pada segelintir saham teknologi besar. Sementara itu, meningkatnya optimisme terhadap penurunan suku bunga The Fed yang akan datang telah mendukung nama-nama perusahaan yang lebih kecil dan lebih berorientasi pada siklus.

Peralihan dari penerima manfaat kecerdasan buatan megacap dapat menjelaskan kinerja buruk Nasdaq minggu ini. Demikian pula, sektor teknologi informasi memimpin penurunan S&P 500 dengan penurunan 5,1%.

“Judul utama adalah 'harga ini turun' dengan beberapa momentum saham terpukul,” ujar Head of Technical and Macro Research Strategas, Chris Verrone.

Saham Crowdstrike anjlok 11,1% menyusul pemadaman teknologi informasi besar-besaran yang berdampak pada bisnis di seluruh dunia. Bursa Efek New York dan Nasdaq mengatakan perdagangan tampaknya tidak terpengaruh.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya