Baru Setahun Bebas, Bill Cosby Kembali Divonis Bersalah atas Kasus Pelecehan Remaja di Playboy Mansion

Di sisi lain, perwakilan Bill Cosby malah tak menanggapi kekalahan ini secara negatif.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 22 Jun 2022, 19:40 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2022, 19:40 WIB
Bill Cosby. (AP Photo/Matt Rourke, File)
Di sisi lain, perwakilan Bill Cosby malah tak menanggapi kekalahan ini secara negatif. (AP Photo/Matt Rourke, File)

Liputan6.com, California - Di usia senjanya, Bill Cosby terus-terusan dirundung kasus hukum terkait pelecehan dan kekerasan seksual yang dituduh terjadi pada masa lalunya. Kali ini datang dari insiden tahun 1975 di Playboy Mansion.

Dilansir dari Deadline dan BBC, Rabu (22/6/2022), dalam persidangan yang berlangsung di Santa Monica Selasa kemarin, tim juri dari kalangan sipil menyimpulkan bahwa pria 84 tahun tersebut bersalah dalam insiden tersebut.

Juri juga memutuskan bahwa bintang Cosby Show tersebut mesti membayar kompensasi sebesar US$ 500 ribu atau sekitar Rp 7,4 miliar kepada sang korban, Judy Huth, yang saat ini berusia 64 tahun.

Putusan juri ini datang setahun setelah sang aktor bebas dari penjara atas tuduhan serupa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kejadian

Bill Cosby berpose setelah dibebaskan dari penjara. (AP Photo/Matt Rourke)
Bill Cosby berpose setelah dibebaskan dari penjara. (AP Photo/Matt Rourke)

Dalam gugatannya, Judy Huth menyatakan bahwa saat dia dan temannya yang masih di bawah umur datang ke mansion tersebut, ia dirayu untuk datang ke kamar tidur. Setelahnya, ia dipaksa untuk melakukan aktivitas seksual oleh Bill Cosby. 

Judy Huth yang bersaksi sambil menangis, mengatakan kepada pengadilan bahwa dia merasa "gila, tertipu dan bodoh" setelah kejadian itu. Pengacaranya juga menunjukkan foto Judy bersama Bill Cosby di dalam mansion tersebut.

Di sisi lain, Bill Cosby sama sekali tak datang dalam proses persidangan. 


Akan Banding

Pelecehan Seksual  Bill Cosby
Aktor dan Komedian Bill Cosby (tengah) berjalan keluar dari Gedung Pengadilan Montgomery setelah persidangan kasus penyerangan seksualnya, di Norristown, (6/6). Sekitar 50 wanita menuduh Cosby melakukan kekerasan seksual. (AP Photo/Matt Slocum)

Di sisi lain, perwakilan Bill Cosby malah tak menanggapi kekalahan ini secara negatif. Hal ini karena nilai ganti rugi yang diputuskan juri lebih kecil dari perkiraan awal. 

"Ini adalah kemenangan besar bagi kami karena mereka menuntut (ganti rugi) jutaan dolar," kata Andrew Wyatt, kuasa hukum Bill.  “Jumlah itu tidak termasuk tagihan legal dan kami akan mengajukan banding. Namun, Tuan Cosby tidak akan membayar ganti rugi," ia menambahkan. 


Bebas Tahun Lalu

Pada 1 Juli tahun lalu, Bill Cosby dibebaskan setelah menjalani dua tahun lebih dari vonis 3 hingga 10 tahun penjara yang dijatuhkan kepadanya. Dilansir dari CNN, kala itu hakim menyebut ada banyak pelanggaran saat Bill Cosby didakwa dan menjalani proses hukum.

Jaksa yang sebelumnya menangani kasus ini, menolak untuk menuntut Bill Cosby demi bisa membuat pria 83 tahun ini melakukan deposisi sipil, yang pada akhirnya digunakan untuk melawan sang aktor dalam pengadilan pidana.

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya