Dulu Putri Ariani Sering Lupa Napas karena Lahir Prematur: Belum Jadi Paru-parunya

Putri Ariani ungkap cerita tentang kondisinya usai dilahirkan secara prematur.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 14 Jun 2023, 12:13 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 12:13 WIB
Putri Ariani Tak Hanya Merdu Saat Menyanyi, tapi Juga Fasih Baca Al-Quran Braile Hingga Tuai Pujian Addie MS
Putri Ariani Tak Hanya Merdu Saat Menyanyi, tapi Juga Fasih Baca Al-Quran Braile Hingga Tuai Pujian Addie MS. (instagram.com/addiems999)

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Putri Ariani lahir prematur di usia kandungan enam bulan. Kondisi ini membuatnya harus tinggal di dalam inkubator selama tiga bulan setelah dilahirkan.

Karena terlahir prematur, organ-organ tubuh Putri Ariani belum terbentuk dengan sempurna. Salah satunya, paru-paru. Kala itu, napasnya masih terganggu.

"Waktu lahir prematur dan memang organ-organ belum terbentuk sempurna. Ini saja paru-paru bolong (dulu). Sekarang enggak dong. Soalnya dulu memang sering lupa napas lo, katanya ceritanya mama. Belum jadi paru-parunya," tutur Putri Ariani di Podcast Deddy Corbuzier dikutip, Rabu (14/6/2023).

Ibunda Putri lantas menjelaskan, usai dilahirkan kondisi Putri terus dipantau tim medis. "Pas lahir sampai umur satu bulan itu harus benar-benar standby susternya. Jadi Putri harus dibangunin karena belum jadi paru-parunya," tutur Ibu Putri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Deddy Corbuzier Merasa Takjub

Putri Ariani
Putri Ariani (Foto: YouTube/ Deddy Corbuzier)

Mendengar cerita Putri Ariani saat baru dilahirkan, Deddy Corbuzier merasa takjub. Siapa sangka remaja berhijab itu tumbuh dengan sehat bahkan mampu menoreh prestasi gemilang di America's Got Talent.

"Tapi lihat sekarang, dulu lahir dalam keadaan seperti itu, sekarang dapat Golden Buzzer di AGT. Dengan perjalanan itu kan wow, amazing," kata Deddy Corbuzier.


Putri Juga Mengidap Retina of Prematur atau ROP

Sebelumnya diberitakan, Putri Ariani lahir saat ibunda mengalami plasenta previa selama kehamilan. Ini adalah kondisi ketika seluruh plasenta menutupi mulut rahim.

Kala itu, penglihatannya juga mengalami gangguan. Ia dinyatakan mengidap Retina of Prematur atau ROP.

"Putri kan lahirnya prematur, jadi Putri lahir saat usia kandungan 6 bulan 18 hari. Akhirnya masuk inkubator. Tiga bulan di inkubator, sudah jadi kayak home stay gitu he he," kata penyanyi yang mencuri perhatian Simon Cowell itu dalam acara FYP belum lama ini.


Sempat Dikira Katarak

"Tiga bulan di inkubator, setelah keluar tuh: Oh ini kayaknya ada katarak nih. Dokter bilang: Ini kayaknya ada katarak. Akhirnya dibawa ke Singapura, pas dibawa ke sana (dokter bilang) ini sudah telat," sambungnya.

Putri Ariani pun sempat menjalani operasi di Singapura pada mata sebelah kanan. Namun sepertinya hasilnya tak sesuai harapan. Putri tumbuh besar tanpa bisa melihat.

Bahaya Sampah Plastik di Laut
Infografis bahaya sampah plastik di laut. (dok. TKN PSL)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya