Kisah Haru Ardhito Pramono, Hidupnya Selamat Berkat Surat Yasin dan Al-Waqiah

Ardhito Pramono mengingat lagi fase sulit dalam hidupnya di mana ujian datang silih berganti.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 05 Agu 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 11:30 WIB
Ardhito Pramono
Ardhito Pramono mengingat lagi fase sulit dalam hidupnya di mana ujian datang silih berganti. (Foto: Via Tiktok/parfait_)

Liputan6.com, Jakarta Dikenal luas sebagai musikus hingga bintang film, ternyata Ardhito Pramono adalah orang yang cukup religius. Dalam sebuah kesempatan, pria berusia 29 tahun ini mengungkap bahwa ada dua surat dalam Al-Qur’an yang selalu dia baca setiap harinya.

“Pegangan gue Yasin sama Al-Waqiah, setiap hari. Tiba-tiba ada aja, kerasa nggak lo?” kata aktor Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dikutip dari YouTube Pophariini, Jumat (2/8/2024).

“Gue walaupun cuma dengerin tiap di mobil, tapi gue ngerasa… Kan baiknya surat Al-Waqiah itu dibaca hari Jumat sore, setelah salat Ashar karena waktunya bagus, memperlancar segala macam, tapi dengan lo mendengarnya aja menurut gue juga cukup,” jawab Denboi sekalu pembawa acara.

Kedua surat itulah yang membantu Ardhito Pramono melewati satu per satu ujian dalam hidupnya.

“Betul, coba deh, lo tahulah semua masalah yang gue lewatin, satu Indonesia tahu, yang membuat gue kuat dan ada di sini sekarang kayaknya Yasin. Nenek gue yang kasih tahu pegangan itu. Jadi, dulu tuh gue setiap bulan atau setiap minggu, pasti gue baca itu, pagi Yasin, malam sebelum tidur Al-Waqiah, itu balance-nya good, sampai sekarang. Itu gue bawa Yasin, alhamdulillah,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Telah Menyelamatkan Ardhito

Ardhito Pramono.
Ardhito Pramono.

Dia percaya bahwa kedua surat tersebut telah menyelamatkan hidupnya, salah satu faktor utama yang membuatnya bertahan hingga saat ini. Ayah satu anak ini lantas mengingat kembali masa terpuruknya.  

“Mungkin nggak banyak orang yang tahu sisi religius gue, sebenarnya gue religius dan percaya Tuhan. Dan kayaknya nggak ada yang akan bisa menyelamatkan karier gue, selain surat Yasin,” kata Ardhito Pramono.

“Lo bayangin deh, sempat ketangkap narkoba, habis itu gue mencoba baik-baik aja terus tiba-tiba ada isu video syur. Padahal saat itu lagi kerja sama dengan Kemendikbud, tiba-tiba video gue keluar, ada orang yang jahatin gue saat itu. Itu pas zaman gue siaran, dia mau blackmail gue minta 400 juta biar video itu nggak kesebar,” imbuhnya.


Masalah Datang Silih Berganti

Ardhito Pramono dan Jeanneta Sanfadelia
Ardhito Pramono dan Jeanneta Sanfadelia (Foto: Instagram/ ardhitopramono)

Baru selesai kasus yang satu, datang lagi masalah berikutnya. Puncaknya, dia harus merelakan keutuhan rumah tangganya. Ardhito resmi bercerai dengan Jeanneta Sanfadelia pada November 2023.

“Terus partner gue bilang kalau gue transfer bakalan digituin terus, ya sudah akhirnya keluar (videonya), terus ada kejadian nggak mengenakkan di kota Malang, terus gue cerai. Kalau misalnya terjadi sama orang lain, gue nggak yakin selamat,” terangnya.


Berkat Yasin dan Al-Waqiah

Mendengar kisah Ardhito, Denboi pun percaya bahwa Allah memilihnya melewati segala cobaan karena memang mampu. Toh, Sang Pencipta juga sudah membekali amunisi agar Ardhito bertahan, yaitu melalui surat-surat dalam Kitab Suci-Nya.

“Ya, kalau kita ngomongin ke-Tuhan-an lagi, gue rasa memang Allah pilih elo yang bisa lewatin ini semua, karena lo masih ada di sini, sehat, bisa rilis album, mungkin berkat Yasin sama Al-Waqiah yang lo jalani setiap hari,” tutup Denboi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya