Pengakuan Totos Rasiti Si Om Jin Lebih Suka Terjun di Dunia Teater Ketimbang Jadi Aktor Film

Totos Rasiti rupanya lebih menyukai kegiatan sebagai sutradara teater meskipun selama ini sudah cukup banyak bermain film dan serial televisi.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 29 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 10:00 WIB
Totos Rasiti
Aktor Totos Rasiti jadi sutradara pentas Placebo persembahan Stock Teater, ditemui saat latihan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Aktor Totos Rasiti yang sebelumnya dikenal publik Tanah Air sebagai Om Jin di salah satu iklan televisi, rupanya menyimpan fakta yang belum diketahui secara luas terkait profesinya itu. Pemilik nama Teguh Sugiarto mengaku lebih nyaman di dunia teater ketimbang film.

Padahal selama ini, Totos Rasiti sudah cukup banyak bermain film dan serial televisi. Sebut saja film-film seperti #MoveOnAja dan Inang, atau serial televisi seperti Para Pencari Tuhan, hingga serial web Star Stealer. Namun, teater tetaplah yang terbaik di mata Totos Rasiti.

Alhasil, segala cara dilakukan Totos Rasiti agar kecintaannya terhadap dunia teater bisa tersalurkan, termasuk mendirikan grup teater. Bahkan pada 2012 lalu, Totos Rasiti sempat menjadi sutradara dalam pentas "We The Happy Family" bersama Stock Teater.

"Sebetulnya basic saya sekolahnya cuma keaktoran, ya. Kalau teater itu saya tertarik untuk menyutradarai. Sejak 1996 itu, aku bikin grup dan suka mentas keliling, aku lebih senang teater," ujar Totos Rasiti kepada Liputan6.com di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Berniat Jadi Aktor Film

Totos Rasiti
Aktor Totos Rasiti jadi sutradara pentas Placebo persembahan Stock Teater, ditemui saat latihan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menariknya, keterlibatan Totos Rasiti sebagai aktor pendukung di sejumlah film dan serial, ternyata bukanlah bagian dari keinginan terbesarnya. Namun karena sudah merasakan hasilnya, akhirnya ia terus menerima tawaran yang datang.

"Kalau di film itu semacam kecelakaan sebenarnya. Gua jadi pemain itu kayak gua enggak menginginkan sebetulnya. Tapi ya, memang di situ jalannya, ikutin saja. Begitu kira-kira," terangnya.

 


Kacang yang Tak Lupa pada Kulitnya

Totos Rasiti
Aktor Totos Rasiti jadi sutradara pentas Placebo persembahan Stock Teater, ditemui saat latihan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Totos Rasiti membeberkan bahwa kesungguhannya membuat pentas dikarenakan ia memiki dasar sebagai orang teater. Alhasil pada saat dirinya mendapatkan penghasilan dari dunia film, Totos Rasiti pun tetap tak melupakan dunia teater.

"Basic saya teater, makanya 10 tahun harus aku paksain bikin teater. Karena aku kacang yang tidak lupa pada kulitnya," ujar Totos Rasiti mengungkapkan.

 


Sedang Sibuk Bersama Stock Teater

Totos Rasiti kini sedang sibuk membangkitkan Stock Teater setelah grup tersebut 10 tahun vakum dari dunia pentas. Pada momen comeback ini, Stock Teater menggelar pentas Placebo yang disutradarai Totos Rasiti dengan Asmara Abigail sebagai bintang utamanya.

Konsep pentas Placebo ini digarap secara totalias oleh Stock Teater, terutama dari segi teknologi. Mereka memadukan konsep drama panggung dengan cinematic theatre dan teknologi Artificial intelligence (AI). Bahkan ada tiga panggung yang terdiri dari panggung realitas, virtual, dan campuran keduanya.

Selama bertindak sebagai sutradara, Totos Rasiti mengakui bahwa keterlibatannya bersama Stock Teater sejak pertunjukan terakhir mereka pada 2014 lalu, langsung dipenuhi oleh berbagai tantangan berat yang tak cukup hanya bermodalkan pengalaman sebelumnya.

"Grup Stock Teater itu dari 1996 ada, cuma aku mentas terakhir di tahun 2014. Jadi, 10 tahun aku enggak berteater. Terus aku yang bikin, kayaknya muncratnya gede banget tapi seru, sih," ucap Totok Rasiti saat ditemui Liputan6.com di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (27/8/2024) malam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya