6 Film Terbaik Toshiyuki Nishida, Aktor Jepang Legendaris yang Meninggal dalam Usia 76 Tahun

Selama berkiprah sebagai aktor yang juga tampil di layar lebar, tentu ada deretan film terbaik mendiang Toshiyuki Nishida yang bisa kupas, berikut judul-judulnya.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 18 Okt 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 18:00 WIB
Toshiyuki Nishida
Toshiyuki Nishida, Presiden Serikat Aktor Jepang, menghadiri presentasi di Teater Nasional Jepang di Distrik Chiyoda, Kota Metropolitan Tokyo pada 11 Mei 2018. (Via Wikimedia Commons / Bun bukagakusho homepage)

Liputan6.com, Jakarta Toshiyuki Nishida, salah satu aktor Jepang legendaris, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (17/10/2024). Toshiyuki Nishida berpulang untuk selamanya pada usia 76 tahun. Jenazah Nishida ditemukan di kediamannya di Setagaya, Tokyo, melansir Anime News Network.

Toshiyuki Nishida lahir di Fukushima pada tahun 1947. Ia memulai karier aktingnya saat berusia 19 tahun, sebagai aktor televisi dalam acara stasiun TBS, Atsumi Kiyoshi no Naite Tamaru ka pada tahun 1967.

Pada tahun 1970-an, Nishida mulai tampil di panggung teater dan semakin dikenal masyarakat luas berkat perannya dalam serial TBS berjudul Igokochi Manten dan Sandan Sanjo Muko Ippiki. Selain perannya di televisi dan teater, Nishida juga terlibat dalam dunia anime dan film.

Nishida tak hanya dihormati sebagai aktor, namun juga telah banyak menerima penghargaan prestisius. Pada tahun 2008, ia dianugerahi Medal of Honor dengan Pita Ungu, yang diberikan kepada orang-orang yang berprestasi dalam seni dan akademis.

Pada tahun 2018, Nishida menerima Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette, sebuah penghargaan dari pemerintah Jepang atas kontribusinya yang luar biasa di dunia seni peran. Kepergian Toshiyuki Nishida meninggalkan duka mendalam di industri hiburan Jepang.

Toshiyuki Nishida telah meninggalkan warisan yang besar melalui karya-karyanya di layar kaca, teater, serta anime. Selama berkiprah sebagai aktor yang juga tampil di layar lebar, tentu ada deretan film terbaik yang bisa kupas. Berikut judul-judulnya.

 

1. A Letter to Momo

A Letter to Momo
Film anime A Letter to Momo. (Production I.G Via IMDb)

A Letter to Momo merupakan film anime yang digarap oleh Production I.G dengan Hiroyuki Okiura (Jin-Roh: The Wolf Brigade, Record of the Lodoss War) sebagai sutradaranya, serta Karen Miyama, Yuka, dan Toshiyuki Nishida sebagai bintangnya.

Kisah film yang rilis pada 2011 ini, bercerita tentang anak perempuan 11 tahun bernama Momo yang pindah ke sebuah pulau kecil bersama ibunya setelah ayahnya meninggal.

Setiba di sana, Momo malah bertemu dengan tiga makhluk goblin yang tak dapat dilihat orang lain. Mereka berjanji kepada Momo untuk mengubah hidupnya. Dalam film ini, Toshiyuki Nishida menyuarakan salah satu goblin bernama Iwa.

 

2. Beyond Outrage

Beyond Outrage
Film Beyond Outrage. (Bandai Visual/Office Kitano/TV Tokyo via IMDb)

Beyond Outrage merupakan film bertema yakuza yang disutradarai, ditulis, dan dibintangi oleh Takeshi Kitano alias Beat Takeshi. Film yang rilis pada 2012 ini bertindak sebagai sekuel Outrage (2010).

Alur cerita film ini bertempat lima tahun setelah film kisah dalam film Outrage. Otomo, seorang mantan yakuza, kembali beraksi setelah disangka tewas di penjara. Toshiyuki Nishida memerankan karakter bernama Nishino.

 

3. Emperor

Film Emperor
Film Emperor (2012). (Krasnoff Foster Productions/United Performers' Studio via IMDb)

Emperor yang rilis pada 2012 silam, merupakan film produksi Hollywood garapan Peter Webber (Hannibal Rising) dengan Tommy Lee Jones dan Matthew Fox sebagai bintang uutamanya.

Berkisah tentang seorang brigjen asal Amerika Serikat yang ditugaskan ke Jepang untuk menangkap penjahat perang setempat. Kisah lalu semakin pelik selama ia di Jepang. Toshiyuki Nishida tampil sebagai Jenderal Kajima.

 

4. Outrage Coda

Outrage Coda
Film Outrage Coda. (Bandai Visual/Office Kitano/TV Tokyo via IMDb)

Outrage Coda merupakan sekuel dari Beyond Outrage sekaligus menutup trilogi Outrage. Film ini kembali dibintangi, ditulis, dan disutradarai oleh Takeshi Kitano, serta meraih sejumlah penghargaan dari Yokohama Film Festival dan Tokyo Sports Film Award.

Seperti dalam film pendahulunya, Toshiyuki Nishida kembali memerankan Nishino. Namun menariknya, kali ini peran Nishino lebih penting ketimbang dalam Beyond Outrage.

 

5. The Ramen Girl

The Ramen Girl
The Ramen Girl. (Media 8 Entertainment/Digital Site Corporation via IMDb)

The Ramen Girl merupakan film Hollywood yang dibintangi oleh mendiang Brittany Murphy. Berkisah mengenai seorang gadis bernama Abby yang berkunjung ke Jepang demi bisa memasak ramen.

Film yang dirilis pada 2008 ini melibatkan sejumlah aktor dan aktris Jepang. Toshiyuki Nishida pun mendapatkan peran sebagai karakter utama pria dalam film ini, Maezumi, guru yang mengajari Abby memasak ramen.

 

6. A Class to Remember

A Class to Remember
Film A Class to Remember. (Shochiku via IMDb)

A Class to Remember barangkali menjadi salah satu judul film berkualitas yang mulai dilupakan publik dunia maupun mungkin oleh masyarakat Jepang sekalipun. Padahal, film yang disutradarai Yoji Yamada ini meraih piala sebagai Film Terbaik dalam ajang Japan Academy Prize.

Dalam film yang rilis pada 1993 silam ini, Toshiyuki Nishida memerankan sesosok guru bernama Kuroi yang mengajar sekolah malam harus berhadapan dengan berbagai macam siswa dari beragam latar belakang unik. Film ini memiliki sebuah sekuel.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya