Sambut Idul Adha dan Liburan Sekolah, KAI Daop 8 Surabaya Sediakan 25 Ribu Tiket Setiap Hari

PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan 25.659 tempat duduk kereta api jarak jauh setiap harinya selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha yang berbarengan dengan libur sekolah.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 27 Jun 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 18:04 WIB
(Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)
PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 23 KA jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal. (Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan 25.659 tempat duduk kereta api jarak jauh setiap harinya selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha yang berbarengan dengan libur sekolah.

"Jumlah tersebut merupakan total kapasitas 42 kereta api jarak jauh yang keberangkatan di Daop 8 Surabaya," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (27/6/2023).

Luqman menjelaskan, rata-rata penumpang kereta api pada akhir pekan kemarin (23-25 Juni) sebanyak 19.700 pelanggan. Jumlah ini meningkat 36 persen dibanding akhir pekan sebelumnya (16-18 Juni) yang rata-rata 14.500 pelanggan.

"Sementara itu, okupansi pelanggan menjelang cuti bersama yang ditetapkan pemerintah mulai 28 Juni 2023, hingga pukul 11 siang ini KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 14.684 pelanggan yang melakukan perjalanan pada Senin 26 Juni kemarin," ucapnya.

Angka tersebut meningkat 15 persen dibanding Senin 19 Juni. Kemudian, pelanggan yang akan melakukan pada Selasa 27 Juni 2023, tercatat sebanyak 15.782 pelanggan. Jumlah ini meningkat 30 persen dibanding hari yang sama minggu kemarin.

"Jumlah ini akan terus bertambah karena pemesanan tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan secara online dengan berbagai chanel pemesanan," ujarnya.

Luqman menyebutkan, mayoritas pelanggan yang berangkat dari Daop 8 menggunakan KA tujuan ke kota Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan juga Banyuwangi.

"KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api untuk melakukan perjalanan dengan berbagai keperluan, mulai dari pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya, karena moda transportasi kereta api memiliki banyak keunggulan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Utamakan Keselamatan

Daop 8 Surabaya Pantau 16 Titik Rawan Jalur Kereta Api di Musim Hujan
Petugas PT KAI Daop 8 Surabaya mengecek jalur perlintasan kereta api sepanjang Stasiun Malang hingga Stasiun Bangil pada Rabu, 3 November 2021 (Dokumen PT KAI Daop 8 Surabaya)

Di antaranya mengutamakan keselamatan, keamanan, nyaman, tepat waktu, serta jangkauan stasiun yang luas mulai dari pusat kota hingga ke pedesaan.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya," ujarnya.

"Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” pungkas Luqman. 

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia
Begini jalur kereta api di seluruh Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya