Speaker Unik, Bisa Putar Musik Sekaligus Jadi Lilin

Dengan memanfaatkan api dari lilin, Bluetooth speaker ini tak hanya memberikan pencahayaan, tetapi juga dapat memutar musik.

oleh Iskandar diperbarui 03 Jul 2014, 09:11 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2014, 09:11 WIB
Perkenalkan, Speaker Unik Dengan Tenaga Api
Foto: indiegogo.com

Liputan6.com, Milan - Selain ada perangkat bertenaga matahari, kini telah hadir sebuah gadget yang diperkuat dengan salah satu elemen utama dari bumi yaitu api.

Dengan memanfaatkan api dari lilin, Bluetooth speaker yang diberi nama Pelty ini tak hanya memberikan pencahayaan, tetapi juga dapat memutar lagu favorit selama sekitar lima jam.

Menurut yang dilansir Dailymail, Kamis (3/7/2014), nama Pelty sendiri diambil dari sesuatu yang dikenal sebagai 'Peltier effect', yaitu sebuah proses fisika ketika tegangan mengalir ke perangkat dengan suhu yang kontras.

Proses ini juga disebut sebagai efek thermoelectric, yang mana tegangan diproduksi dari suhu yang berlawanan sehingga perangkat tidak memerlukan baterai atau kabel pengisian. 

Suara yang dihasilkan dari speaker akan keluar selama lilin menyala dan pengguna dapat mematikannya dengan meniup api. Sang penciptanya yaitu Gianluca Gamba, seorang desainer asal Milan, Italia, terinspirasi saat ia tengah makan malam di teras bersama tunangannya.

Saat sedang berdua dengan tunangannya, ia membutuhkan alunan musik untuk menciptakan suasana hati yang tepat, tapi ia menyadari bahwa speaker yang dimilikinya tidak cocok digunakan untuk makan malam.

Untuk itu ia merancang sebuah Bluetooth speaker dari material kayu, keramik, dan kaca, yang tak hanya bisa memutar musik, tetapi juga bisa menciptakan cahaya tamaram yang membuat suasana semakin romantis.

Gamba mengklaim, sistem yang tertanam di dalamnya dapat terhubung ke pemutar musik dalam beberapa detik dari lilin yang menyala. Soal harga, Pelty dibanderol US$ 269 atau sekitar Rp 3,2 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya