Asus Zenfone 2 vs OnePlus 2, Unggul Mana?

Mana yang lebih unggul antara kedua smartphone ini? Apakah Asus Zenfone atau OnePlus 2?

oleh Jeko I. R. diperbarui 06 Agu 2015, 09:18 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2015, 09:18 WIB
Di Indonesia, OnePlus 2 4GB Dilego Rp 5,4 Juta
Asia Tenggara termasuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia dipastikan juga akan kebagian smartphone ini.

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus bisa dibilang merupakan vendor smartphone yang tengah naik daun dan bersaing dengan beberapa vendor lainnya yang juga sedang gencar-gencarnya memasarkan smartphone anyarnya.

Namun, seri terbaru OnePlus, OnePlus 2 nyatanya memang menjadi daya tarik para penggila gadget untuk saat ini. Dengan tagline `flagship killer` smartphone ini tampil percaya diri dengan segudang spesifikasi mewah yang ditawarkan, salah satunya adalah dengan menghadirkan RAM 4 GB.

Seperti yang diketahui, smartphone yang memiliki RAM 4 GB memang dinilai mampu menghadirkan performa super cepat dan sangat sempurna. Untuk saat ini, smartphone dengan RAM 4 GB yang sedang banyak dicari selain OnePlus 2 adalah Asus Zenfone 2, yang juga baru diluncurkan beberapa bulan lalu.

Kedua smartphone ini kontan kerap menjadi perbandingan calon pembelinya lantaran menawarkan RAM 4 GB. Namun, dari segala spesifikasi yang ditawarkan, apakah Asus Zenfone 2 dan OnePlus 2 sama-sama unggul di bidangnya? GSM Arena pun mengungkap rupanya terdapat beberapa perbedaan pada masing-masing smartphone yang sedang nge-hits ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Layar

Baik Zenfone 2 dan OnePlus 2 memiliki layar seluas 5.5 inci dengan resolusi 1080x1920 piksel. Namun, kedua smartphone ini rupanya memiliki kerapatan piksel yang berbeda. OnePlus 2 memiliki kerapatan piksel 401 ppi dan dibalut dengan Corning Gorilla Glass 4, sementara Zenfone 2 memiliki kerapatan piksel 403 ppi dan dibalut Corning Gorilla Glass 3.

Prosesor

Untuk prosesor, kedua smartphone RAM 4 GB ini tentunya dibekali dengan chip yang berbeda. OnePlus 2 memiliki prosesor Octa-Core Snapdragon 810 dengan Adreno 430, di sisi lain Zenfone 2 memiliki prosesor Super Quad-Core Intel Atom Z3580 berkecepatan 2.3 Hz dengan PowerVR G6430.

Untuk masalah kapasitas penyimpanan, OnePlus2 hanya dipatok memiliki storage internal sebesar 64 GB, sementara Zenfone 2 memiliki pilihan storage mulai dari 16, 32, dan 64 GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kamera, Baterai & Harga

Ini Spesifikasi dan Detil Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia
Asus ZenFone 2 (Adhi Maulana/ Liputan6.com)

Kamera

OnePlus 2 memiliki kamera dengan resolusi 13 megapiksel dan kamera depan beresolusi 5 megapiksel, kemampuan lensa OnePlus 2 diklaim dapat menangkan gambar 1080 piksel dengan kecepatan hingga 30 fps (frame per second), sementara Asus Zenfone 2 memiliki kamera utama beresolusi 13 megapiksel dengan fitur dual flash dan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel.

Baterai

Kedua baterai dari masing-masing perangkat ini terbilang memiliki daya kapasitas baterai yang hampir sama. OnePlus 2 memiliki baterai berkapasitas 3.300 mAh, sementara Zenfone 2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Harga & Kesimpulan

Baik dari Asus Zenfone 2 dan OnePlus 2 dinilai memiliki spesifikasi yang hampir sama, performa dari masing-masing kedua smartphone ini pun ibarat angka 11 dan 12. 

Hanya saja, yang membedakan kedua smartphone ini justru terletak di persoalan harga. OnePlus 2 dibanderol sekitar Rp 5,4 juta dan Asus Zenfone 2 dibanderol dengan varian harga yang berbeda untuk masing-masing kapasitas yang tersedia. Untuk 16 GB, dibanderol Rp 2,9 juta untuk 32 GB dibanderol Rp 4 juta dan untuk 64 GB dibanderol sebesar Rp 4,5 juta.

(jek/dew)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya