LG Indonesia Ungkap Keunggulan Teknologi Mini LED di Smart TV QNED Berukuran Besar

Quantum Dot NanoCell dan Mini LED adalah dua teknologi yang menjadikan LED TV saat ini mampu menyajikan bentang layar super besar.

oleh Iskandar diperbarui 24 Jun 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2022, 17:30 WIB
Smart TV LG QNED Mini LED 86 Inci. Dok: LG Electronics Indonesia
Smart TV LG QNED Mini LED 86 Inci. Dok: LG Electronics Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT. LG Electronics Indonesia resmi merilis varian smart TV terbesar LG QNED Mini LED di Jakarta Fair 2022, belum lama ini. Smart TV 86 inci ini membenamkan dua teknologi tercanggih LG yaitu Quantum Dot NanoCell dan Mini LED.

“Quantum Dot NanoCell dan Mini LED adalah dua teknologi yang menjadikan LED TV saat ini mampu menyajikan bentang layar super besar, membuat ketersediaan perdananya layak mendapat panggung istimewa di hajatan terbesar ibukota Indonesia (Jakarta Fair 2022),” kata Product Director Home Entertainment PT. LG Electronics Indonesia, Hoony Bae, melalui keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Ia menyebut kehadiran LG QNED Mini LED TV dengan layar 86 inci ini menambah panjang deretan pilihan bentang layar TV seri premium LG dan lebih menitikberatkan pada sisi reproduksi visual.

Bila Quantum Dot NanoCell memberinya keunggulan dalam reproduksi pewarnaan, terapan Mini LED yang berupa jajaran lampu LED berdimensi hanya 1/40 dibanding lampu LED yang biasa digunakan sebagai backlight, memberinya detail lebih baik dan kontrol warna lebih presisi.

Hal ini karena dengan ukurannya yang lebih kecil memungkinkan tak hanya kerapatan antar lampu LED jajaran lampu LED sebagai backlight, namun juga penambahan pada jumlahnya yang berkisar 30.000 mini LED.

“Jumlah yang lebih banyak dan rapat dari terapan mini LED sebagai pencahayaan latar ini bisa menampilkan warna cemerlang dalam detail lebih banyak berkat kemampuan pengaturan kontrol pencahayaan lebih presisi tadi,” papar Hoony Bae.

Terkait spesifikasi, LG QNED Mini LED mengadopsi deep learning dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yaitu a (Alpha) 7 Gen 5 Intelligent Processor.

Selain mampu mendongrak kualitas detail terkecil dalam tiap tayangan, prosesor besutan LG ini juga memiliki tugas khusus yang memastikan keluaran audio lebih jernih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lulus Uji Sertifikasi Intertek

Keistimewaan layar QNED Mini LED TV bahkan telah melalui uji sertifikasi yang dilakukan Intertek sebagai lembaga pengujian internasional.

Hasil pengujian menyatakan, smart TV ini terbukti mampu menyajikan 100 persen volume spektrum warna (Color Gamut Volume/CGV) pada ruang warna DCI-P3.

Hasil uji yang sama juga menunjukkan kepiawaiannya dalam menghilangkan distorsi warna pada sudut pandang hingga 30 derajat.

“Kemampuan untuk menghasilkan warna sempurna hingga pada sudut pandang lebar ini memastikan semua orang dalam ruangan dapat menikmati kualitas gambar terbaiknya tanpa perbedaan,” ucap Hoony Bae.

Sebagai LG QNED Mini LED TV dengan layar terbesar, TV ini juga membawa serta berbagai teknologi dan fitur spesial yang telah diperkenalkan sebelumnya sebagai bagian TV premium LG.

Termasuk di dalamnya yaitu dua inovasi besar Dolby Laboratories: Dolby Vision IQ dan Dolby Atmos.

Dolby Vision IQ bertugas melakukan penyesuaian gambar berdasarkan genre konten dan nuansa sekitarnya dengan cerdas, sementara Dolby Atmos mengambil peran dalam menyajikan suara surround yang multi dimensi.

 


Fitur Sport Alert dan Game Optimizer

Berbagai fitur peningkatan kenyamanan pun dibenamkan pula pada LG QNED Mini LED TV terbesarnya ini. Bagi penggemar siaran olahraga misalnya, keberadaan fitur Sport Alert memberikan sentuhan unik untuk memastikan pengguna tak tertinggal berbagai aksi dari tim kesayangannya.

Dengan mengaktifkan dan melakukan pengaturan dalam fitur Sport Alert, pengguna akan memerintahkan TV untuk memberi pengingat sebelum, sepanjang hingga hasil akhir pertandingan. Hebatnya lagi, hal ini dapat dilakukan meski penggunanya sedang menyaksikan konten lain.

Penggemar game juga mendapat tempat dalam perhatian LG untuk memberikan kenyamanan. Melalui keberadaan fitur Game Optimizer.

Mengaktifkannya akan membuat TV menerapkan pengaturan gambar terbaik yang menyesuaikan genre permainan seperti first-person shooter, role-playing atau real-time strategy.

Melengkapi seluruh kenyamanan penggunaan ini, LG menerapkan sistem operasi webOS versi terbarunya. Salah satu keuntungan besarnya ada pada antarmuka yang menyediakan akses lebih cepat ke aplikasi, penemuan konten lebih sederhana serta memberikan rekomendasi dengan hasil yang terpersonalisasi menyesuaikan penggunanya.

Magic Remote pun didesain ulang dengan memiliki hot key khusus untuk penyedia konten populer yang memungkinkan pengguna beralih ke layanan favorit hanya dengan menekan satu tombol.


Infografis 7 Tahap Daftar Vaksinasi Covid-19 via Ponsel untuk Tenaga Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 7 Tahap Daftar Vaksinasi Covid-19 via Ponsel untuk Tenaga Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tahap Daftar Vaksinasi Covid-19 via Ponsel untuk Tenaga Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya