Cara Menyimpan Makanan dalam Kulkas Agar Tetap Segar Selama Musim Kemarau

Mengetahui cara menyimpan makanan di musim kemarau dengan benar adalah kunci untuk menjaga kesegaran sayuran, buah-buahan, serta ikan dan daging.

oleh Iskandar diperbarui 28 Okt 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2023, 20:00 WIB
Kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 23VX
Kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 23VX. Credit: Polytron

Liputan6.com, Jakarta - Kulkas (lemari es) adalah perangkat elektronik rumah tangga yang memainkan peran penting untuk menjaga pola makan keluarga, mulai dari mengawetkan makanan yang mudah rusak hingga menyediakan minuman dingin yang menyegarkan.

Terlebih di musim kemarau yang berkepanjangan, makanan tidak bisa disimpan lama di luar, karena suhu tinggi dapat menyebabkan makanan lebih cepat rusak.

Mengetahui cara menyimpan makanan di musim kemarau dengan benar adalah kunci untuk menjaga kesegaran sayuran, buah-buahan, serta ikan dan daging.

Umumnya, kontaminasi silang pada makanan yang disimpan di lemari es dapat menimbulkan bau tak sedap sehingga makanan mudah busuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk memisahkan bahan makanan satu sama lain.

Misalnya, simpan daging mentah, makanan laut, dan unggas dalam bungkus yang aman. Lalu, kemas minuman dan makanan yang mudah rusak dalam pendingin terpisah.

Produk susu juga harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Selain itu, usahakan untuk menjaga jarak antara makanan agar sirkulasi udara dan suhu di dalam kulkas tetap terjaga.

Dinginkan sisa makanan dalam waktu dua jam setelah memasak, lalu simpan semua sisa makanan dalam wadah bening dan anti bocor.

Jika sayuran yang baru kamu beli tampak berpasir atau kotor, bungkuslah dengan kertas sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilih Kulkas yang Tepat

Contoh ilustrasi makanan yang disimpan
Terdapat berbagai cara untuk menyimpan makanan sisa, salah satunya dengan menyimpan dengan wadah dan menaruhnya di dalam kulkas (Foto: Unsplash.com/Ello)

Penting juga untuk memilih model kulkas yang dapat membantu menjaga kesegaran produk yang mudah rusak dengan teknologi terdepan.

Polytron, misalnya, baru saja menghadirkan kulkas Belleza Jumbo PRW 23VX dengan fitur penyimpanan makanan berteknologi cooling engine.

General Manager of Home Appliances dari Polytron, Albert Fleming, mengatakan untuk mengatasi masalah penyimpanan makanan selama musim kemarau, kulkas ini bisa dijadikan pilihan tepat.

Dengan kapasitas penyimpanan besar (220 liter), kamu dapat mengatur bahan makanan dengan lebih rapi dan efisien, sekaligus bisa menjaga kualitas dan kesegaran makanan.

“Sistem pendinginan yang canggih dengan cooling engine yang menyebarkan dingin dari berbagai arah akan memastikan makanan dan minuman tetap dalam kondisi terbaik,” KLAIM Albert melalui keterangannya, Sabtu (28/1/2023).

Selain itu, teknologi inverter pada kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 23VX diklaim bisa menghemat listrik hingga 20 persen.


Infografis Etika Makan Fine Dining. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Etika Makan Fine Dining
Infografis Etika Makan Fine Dining. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya