Opensignal: Telkomsel Unggul di Kecepatan, Tri Menang di Pengalaman Video dan Game

Opensignal merilis hasil analisisnya mengenai pengalaman jaringan seluler di Indonesia pada Juni 2024. Operator Tri dan Telkomsel memuncaki penghargaan untuk kualitas keandalan, pengalaman video dan game, hingga kecepatan.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 23 Jun 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi Aplikasi Bima + Tri
Ilustrasi Aplikasi Bima + Tri (Foto: Corpcomm Indosat Ooredoo Hutchison)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan analitik Opensignal merilis laporan pengalaman jaringan seluler di Indonesia per Juni 2024. Opensignal mengkaji pengalaman dari lima operator seluler utama di Indonesia yakni Indosat, XL, Smartfren, Telkomsel, dan Tri.

Pengkajian dilakukan 90 hari mulai 1 Februari 2024 dan berakhir pada 30 April 2024. Opensignal juga menyertakan pengukuran 5G untuk menentukan skor keseluruhan di tiap kategori.

Keandalan

Mengutip laporan Opensignal, Minggu (23/6/2024), Tri menjadi pemenang dalam hal pengalaman keandalan di Indonesia. Pengalaman keandalan mengukur kemampuan pengguna untuk terhubung dan berhasil menyelesaikan tugas-tugas dasar di jaringan operator tersebut.

Tri, operator yang kini di bawah naungan Indosat Ooredoo Hutchison ini meraih skor 863 poin dari skala maksimal 1000 poin dalam hal keandalan jaringan. Selain Tri, Indosat ada di urutan kedua dengan sembilan poin di belakang Tri.

Kecepatan

Telkomsel di sisi lain mempertahankan prestasinya di bidang kecepatan jaringan. Telkomsel didaulat menjadi pemenang tunggal dari pengalaman kecepatan unduh dan pengalaman kecepatan unggah.

Skor masing-masing adalah 25,5 Mbps (unduh) dan 10 Mbps (unggah). Pengguna Opensignal di jaringan Indosat dan Tri merasakan peningkatan dalam kecepatan unduhan rata-rata yakni 1 Mbps.

Meski begitu, semua jaringan seluler Indonesia mengalami penurunan dalam hal pengalaman internet kecepatan unggah, dibandingkan pada laporan sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengalaman video dan game

Telkomsel gelar turnamen esports untuk siswa SMA, Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) Community Club 2024 dengan total hadiah Rp 131 juta.
Telkomsel gelar turnamen esports untuk siswa SMA, Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) Community Club 2024 dengan total hadiah Rp 131 juta. (Foto: Corpcomm Telkomsel)

Tri tiga kali berturut-turut andal dalam pengalaman video dan pengalaman game dari operator pesaingnya. Pada laporan sebelumnya, Telkomsel dan XL meraih penghargaan pengalaman video dan pengalaman game.

Kali ini, Tri mengungguli pemenang sebelumnya di kedua kategori. Bukan hanya itu, Tri mempertahankan pengalaman terbaik di aplikasi suara. Dengan begitu, Tri menjadi pemenang tunggal dari tiga pengalaman Opensignal yakni Pengalaman Video, Game, dan Aplikasi Suara.

Namun, pengguna Opensignal di jaringan Telkomsel mendapat pengalaman video seluler dan gaming terbaik di pulau Jawa, karena Telkomsel memenangkan sebagian besar penghargaan pengalaman video dan game di seluruh provinsi di Jawa.


Pengalaman Cakupan

Jajal Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 untuk Live Streaming
https://www.androidauthority.com/theft-detection-lock-rollout-3451026/ (Liputan6.com

Telkomsel memimpin untuk Pengalaman Cakupan, pasalnya operator ini jadi satu-satunya pemenang penghargaan Pengalaman Cakupan dengan 8,59 poin pada skala 10 poin, memenangkannya selama tiga kali berturut-turut.

Telkomsel unggul jauh diatas Indosat dan Tri yang menempati posisi kedua dengan skor yang sama di 4,91 poin.

Kualitas Konsisten

Indosat tetap tak terkalahkan dalam Kualitas Konsisten, dalam hal ini Indosat membawa pulang penghargaan Kualitas Konsisten untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, menjadi satu-satunya pemenang penghargaan ini di Indonesia sejak Opensignal memperkenalkannya dalam laporan Pengalaman Jaringan Seluler.

Indosat mengalahkan Tri dengan selisih dua poin persentase. Kecuali Smartfren, semua operator Indonesia telah mengalami peningkatan skor Kualitas Konsisten sejak laporan sebelumnya.


Jaringan Kuat di Regional

Foto cara aktifkan kartu telkomsel, sumber: Bisnis Tekno
Foto cara aktifkan kartu telkomsel, sumber: Bisnis Tekno

Telkomsel memimpin dalam jumlah penghargaan regional, dalam hal ini operator tersebut meraih penghargaan terbanyak di 10 wilayah Indonesia — 35 penghargaan tunggal dan 5 penghargaan bersama kompetitor, dengan sebagian besar penghargaannya berasal dari kategori kecepatan regional.

Telkomsel juga meraih sebagian besar penghargaan Pengalaman Video, Pengalaman Game, dan Konsistensi Kualitas di seluruh provinsi di Pulau Jawa. Itu berarti Telkomsel memiliki pengalaman video dan game terbaik serta kualitas pengalaman jaringan paling konsisten di pulau tersebut.

Tri adalah pemenang tunggal untuk 23 penghargaan dan berbagi 11 kemenangan dengan para pesaingnya, sebagian besar dalam penghargaan pengalaman.

Pengguna Opensignal di jaringan Telkomsel di Jakarta Raya menikmati kualitas layanan seluler yang paling konsisten (77,5 persen) dan kecepatan unggah rata-rata tercepat (13 Mbps) di Indonesia.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya