Apple Music Punya Fitur Haptics di iOS 18, iPhone Bisa Ikut Bergoyang Ikuti Irama Lagu

Apple Music kini hadir dengan fitur Music Haptics yang memungkinkan iPhone bergetar mengikuti irama lagu dan membantu pengguna yang memiliki masalah pendengaran.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 18 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 12:00 WIB
Apple Music Voice Plan
Apple Music Voice Plan (Sumber : Apple.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik bagi pengguna iOS 18 yang berlangganan Apple Music. Apple Baru saja meluncurkan fitur Music Haptics untuk semua pengguna sebagai bagian dari rilisnya iOS 18.

Fitur ini memungkinkan iPhone bergetar mengikuti irama lagu, sehingga berguna bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran. 

Fitur Music Haptics menggunakan sistem haptics pada iPhone yang dikenal sebagai Taptic Engine. Sistem ini menciptakan getaran dan taps sesuai dengan lagu yang sedang diputar.

Meski ditujukan untuk pengguna dengan gangguan pendengaran, fitur ini bisa dinikmati oleh siapa saja yang ingin merasakan musik dengan cara yang berbeda.

Fitur ini tidak hanya bekerja untuk Apple Music, tapi juga aplikasi lain seperti Apple Music Classical dan Shazam.

Menariknya, Apple juga mengungkapkan fitur ini bakal mendukung beberapa aplikasi pihak ketiga, selama ponsel terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler.

Cara Mengaktifkan Music Haptics

Untuk mulai menggunakan fitur ini, Apple mengatakan, pengguna hanya perlu masuk ke menu Accessibility dan mengaktifkan opsi Music Haptics. 

Setelah diaktifkan, logo khusus akan muncul di layar Now Playing pada aplikasi Apple Music. Dengan menekan logo tersebut, fitur haptics bisa dijeda atau diaktifkan kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apple Music Rilis Playlist Khusus Fitur Hapctis

Aplikasi Apple Music Classical (App Store)
Aplikasi Apple Music Classical (App Store)

Fitur ini mendukung iPhone 12 serta model yang lebih baru, asalkan perangkat telah diperbarui ke iOS 18. Untuk merayakan peluncurannya, Apple Music juga sudah merilis beberapa playlist khusus, seperti : 

  • Haptics Beats
  • Haptics Bass

Playlist itu menampilkan lagu-lagu dengan banyak irama getaran yang cocok dengan fitur baru ini. 

Fitur ini merupakan langkah menarik dari Apple dalam menghadirkan inovasi untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman mendengarkan musik bagi semua pengguna. Jadi, pengguna yang penasaran bisa langsung menjajalnya. 


Apple Music Kasih Langganan 3 Bulan Gratis untuk Pengguna Baru

Apple Music Sing (Dok. Apple)
Apple Music Sing (Dok. Apple)

Sebelumnya, pengguna non-subscriber Apple Music di iPhone atau iPad yang biasanya cuma mendapat penawaran gratis selama sebulan, kini diperpanjang menjadi tiga bulan.

Hingga batas waktu 23 September 2024, siapa pun yang baru menggunakan layanan Apple Music akan dapat mencobanya secara gratis selama tiga bulan. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Selasa (20/8/2024).

Perlu dicatat, penawaran ini hanya berlaku untuk pelanggan baru. Jika kamu sempat tergoda dengan aplikasi musik tersebut, sekarang adalah saat yang tepat untuk mencobanya.

Setelah masa uji coba berakhir, layanan ini akan otomatis diperbarui dengan biaya sekitar Rp 55 ribu per bulan. Jadi, pastikan untuk membatalkannya jika kamu tidak ingin membayar.

Untuk mendengarkan musik yang direkomendasikan aplikasi, ada 'Discovery Station' yang membantu kamu menemukan musik baru dengan memutar lagu-lagu yang belum pernah kamu dengar sebelumnya, baik dari artis yang kamu kenal maupun artis lain yang menurut algoritma akan kamu sukai.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya