Penanaman Terumbu Karang di Pulau Kasiak Pariaman

Tim SCTV dan Marinir Angkatan Laut menyelam di kedalaman 5 hingga 7 meter agar terumbu karang lekas hidup karena terpapar sinar matahari.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Jun 2015, 18:54 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2015, 18:54 WIB
Lip6 Petang- Tukik
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Pariaman - Pulau Kasiak, hanya 1 dari sekian banyak pulau yang berjarak 10 sampai 15 menit dari pesisir Pariaman, Sumatera Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (13/6/2015), di pulau ini terumbu karang mulai rusak karena bom ikan. Tim ekspedisi Sejuta Terumbu Karang menyiapkan 2.000 bibit terumbu karang untuk ditanam.

Tim SCTV dan Marinir Angkatan Laut menyelam di kedalaman 5 hingga 7 meter, agar terumbu karang lekas hidup karena terpapar sinar matahari. Jenis karang acropora dipilih karena cepat tumbuh. Butuh kehati-hatian agar bibit tidak lepas dari media tanamnya.

Pariaman, ternyata surga bagi wisatawan. Tidak hanya pantai indah, di Pariaman juga ada konservasi penyu. Dari 7 jenis penyu di dunia, ada 3 jenis penyu yang dibiakkan, yaitu penyu lekang, penyu sisik, dan penyu hijau.

Telur penyu menetas menjadi tukik penyu imut dan lucu. Dan, kini giliran para tukik berkelana di laut lepas agar bisa hidup bebas.

Tim Ekspedisi Sejuta Terumbu Karang juga telah menanam karang di Pantai Iboih di Pulau Weh, Sabang, Aceh. (Vra/Mvi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya