SBY Sebut Proyek MP3EI Dongkrak Ekonomi Daerah

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan sejumlah hasil proyek MP3EI dalam pidato Hari Raya Ulang Tahun ke-69 pada Jumat pekan ini.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 15 Agu 2014, 13:09 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2014, 13:09 WIB
Pesan SBY Jika Jokowi Jadi Presiden
Dalam sambutannya, SBY berpesan kepada Jokowi jika terpilih sebagai Presiden Indonesia untuk memastikan kedaulatan Indonesia tidak diganggu pihak manapun (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebutkan, Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah mendorong pembangunan ekonomi tidak hanya di DKI Jakarta tetapi juga di seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam pidato Hari Raya Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia di gedung  MPR dan DPR, Jumat (15/8/2014), SBY menyampaikan potensi pembangunan ekonomi di provinsi Indonesia dapat dibangun secara produktif. Dengan pembangunan itu mendorong sejumlah kota di Indonesia mampu mencatatkan prestasi.

"Makassar pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dari Tiongkok. Kota Batu menjadi tujuan turis di Asia. Lalu Banyuwangi pangkas kemiskinan dari 20 persen menjadi 9 persen dalam 3 tahun," kata SBY.

SBY menambahkan contoh lain seperti, kota Bandungberambisi membangun silikon valley. Lalu Maluku menjadi lumbung perikanan, dan masih banyak contoh lain di seluruh Indonesia.

"Percepatan koridor ekonomi di pusat wilayah dan industri di masing-masing koridor telah menggali potensi daerah. Sejak 2011, 382 proyek MP3EI telah direalisasikan yang terdiri dari 280 proyek infrastruktur, 174 sektor riil dengan total nilai Rp 854 triliun," tutur SBY.

Selain itu, SBY juga mengapresiasi pencapaian pembangunan proyek infratruktur yang kini sebagian besar banyak dilakukan di luar Jawa. Total nilai proyek pembangunan infrastruktur itu sekitar Rp 544 triliun.

"Kita bangga ada bandar udara megah di Makassar, Balikpapan, dan Bali, serta bandara Soekarno Hatta. Lalu jalan tol atas laut di Bali, dan rel kereta bandara Medan, jembatan kelok 9 di Sumatra Barat. Ini makin memacu kegiatan ekonomi masyarakat," kata SBY.

Ia pun terus mendorong pembangunan infrastruktur yang terhambat dan mandek agar Indonesia menjadi raksasa ekonomi dunia. SBY menyebutkan, tanpa infrastruktur lengkap dan modern tak mungkin Indonesia menjadi raksasa ekonomi dunia.

Oleh karena itu, ia terus mendorong peningkatan pembangunan infrastruktur yang terhambat mungkin karena alasan logistik dan politik untuk segera diselesaikan. Hal itu dilakukan agar dapat memacu kegiatan ekonomi masyarakat. (Fik/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya