Ingin Berhasil Kelola Keuangan? Coba Cara Ini

Untuk menghindari kerugian, maka Anda harus mengadopsi pola pikir yang benar.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Mei 2016, 21:30 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2016, 21:30 WIB
8 Pola Pikir Menuju Kaya ala Milyarder
Kekayaan seseorang ternyata dipengaruhi oleh pola pikir yang dijalani setiap harinya. Apa saja pola pikir tersebut? Cek disini.

Liputan6.com, Jakarta - Menekan pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan merupakan aturan utama ketika ingin mengatur kondisi keuangan Anda. Nampaknya hal tersebut terlihat mudah, namun untuk melakukannya butuh pengorbanan besar.

Pada dasarnya, isi kepala manusia sudah terprogram untuk melakukan apa yang mereka anggap benar. Oleh karena itu, segala hal yang terjadi dalam kondisi keuangan Anda, bisa jadi merupakan hasil pemikiran yang belum tentu benar.

Untuk menghindari kerugian, maka Anda harus mengadopsi pola pikir yang benar. Melansir dari twocents.lifehacker.com, Minggu (15/5/2016) berikut adalah empat bentuk pola pikir yang sebaiknya Anda terapkan.

1. Tetap termotivasi, berapapun biaya yang Anda miliki

Motivasi tidak mudah didapatkan, terutama pada saat-saat terburuk. Mengontrol uang agar tetap dalam kendali Anda termasuk hal yang sulit, namun harus dilakukan.

Dengan memiliki kontrol, tidak berarti membuat Anda terlepas dari utang seketika. Dengan mengadopsi pola pikir ini, maka Anda akan lebih berhati-hati dan memiliki strategi untuk melunasi setiap tagihan-tagihan yang datang.

Kelak, di masa depan, Anda akan lebih berhati-hati ketika harus mengeluarkan uang. Dengan memiliki motivasi maka Anda memiliki tujuan keuangan yang jelas.

2. Tidak semua keinginan Anda harus terpenuhi

Untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan, maka Anda harus disiplin terhadap diri sendiri. Mungkin harga sebuah smartphone keluaran terbaru tidak semahal harga mobil, tapi untuk apa membeli barang yang sudah Anda miliki sebelumnya?

Hindari pembelian barang yang tidak perlu. Supaya lebih terkontrol, Anda bisa membuat daftar barang-barang yang perlu untuk dibeli dan tidak. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali bila ingin mengeluarkan uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kepuasan Tak Harus Berasal dari Uang

3. Kepuasan tidak harus selalu diperoleh dengan uang

Tentu saja, sesekali Anda memerlukan sesuatu demi memenuhi kepuasan. Setelah bekerja keras, tentunya Anda perlu sesuatu sebagai imbalannya. Hal tersebut manusiawi.

Tidak ada yang salah dengan memenuhi kepuasan diri. Namun kebanyakan orang akan melakukannya tanpa banyak berpikir. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan pendekatan dengan cara lain. Anda harus tetap bijak dalam menggunakan uang.

Bila bisa menyimpannya, itu lebih bagus. Selain itu, kepuasan bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Seperti dengan menonton tv, atau memasak makanan enak tanpa harus ke restoran.

4. Kebahagiaan di masa depan ada di tangan Anda

Masalah keuangan sering menyangkut dengan masa depan. Untuk menikmati masa depan yang lebih baik, Anda harus mempersiapkannya dari sekarang.

Perlu disadari, masa depan adalah hal yang tidak terduga. Oleh karena itu, Anda perlu menghubungkan masa depan Anda dengan saat ini. Ketika Anda fokus untuk mempersiapkan masa depan, maka akan lebih mudah untuk menghadapi hal tersebut. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya