Mensesneg: Arcandra Resmi Lepas Jabatan Menteri ESDM Besok Pagi

Kendati keputusan itu disampaikan secara mendadak, namun segala hal administratif telah disiapkan

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 15 Agu 2016, 21:35 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2016, 21:35 WIB
20160808-Ingin Perkuat Kerjasama, Menteri ESDM Kunjungi KPK
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar masuk kedalam mobil usai kunjungannya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Senin (8/8).(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo memberhentikan Arcandra Tahar dari jabatannya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Keputusan tersebut disampaikan di tengah kabar kewarganegaraan ganda yang dimilik oleh Arcandra.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Arcandra efektif mulai Selasa, 15 Agustus 2016 besok.

"Jadi ini efektif diberhentikan mulai besok pagi. Karena ditetapkan malam ini," ujar Pratikno di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8/2016).

Mantan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) itu mengatakan, kendati keputusan itu disampaikan secara mendadak, namun segala hal administratif telah disiapkan. "Saya kira semuanya sudah siap. Saya kira untuk jelasnya nanti akan dielaborasi lagi lain waktu," kata Pratikno.

Saat ditegaskan apakah alasan pencopotan Archandra karena dipastikan pria kelahiran Sumatera Barat itu telah memegang paspor Amerika Serikat, Pratikno enggan menyampaikan lebih lanjut.

"Pernyataan tadi sudah cukup jelas, dengan mempertimbangkan berbagai hal, dari berbagai dimensi," pungkas Pratikno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya