Ini Permintaan Menko Luhut soal Proyek Reklamasi Jakarta

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menuturkan pihaknya telah rampungkan berbagai kajian proyek reklamasi

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 13 Sep 2016, 20:44 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2016, 20:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pihaknya akan memberikan rekomendasi untuk melanjutkan proyek reklamasi Jakarta.

‎Ini dilakukan setelah beberapa bulan proyek itu dihentikan sementara karena banyak pihak yang menolak dan pengerjaannya pun kurang sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.

"Sekarang semua sudah beres tidak ada masalah. Ini hanya teknis saja, tapi kita mau semua tertulis, nanti kita rilis," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Meski begitu, Luhut tidak menutup kemungkinan ada saran-saran dari berbagai pihak untuk bisa dijadikan evaluasi dalam rangka keberlanjutan proyek reklamasi.

Hanya saja, dirinya meminta, keberlanjutan proyek reklamasi ini jangan dijadikan bahan yang kurang bertanggung jawab pihak-pihak tertentu‎.

"Kami akan dengarkan kalau ada komplain soal itu jadi jangan dipolitisasi, kita melihat dari sisi teknis profesional saja," ujar Luhut.

Luhut menegaskan, pihaknya telah merampungkan berbagai kajian mengenai segala masalah yang pernah ada di proyek reklamasi Jakarta sehingga tetap lanjut.

Pihaknya menuturkan, masalah dampak lingkungan, kelistrikan dengan PT PLN (Persero), dan nasib para nelayan yang ada di pantai utara Jakarta juga menjadi perhatian pemerintah.‎

"Nelayan akan kami urus entah jumlahnya 12 ribu atau 24 ribu. Itu semua perintah presiden supaya diprioritaskan untuk diurus dengan dana pemda yang didapat dari reklamas‎i," tutur Luhut. (Yas/Ahm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya