Kabar Sekjen Terpapar Corona, Ini Jawaban Kemenhub

Kemenhub menyatakan hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai isu Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono positif corona.

oleh Athika Rahma diperbarui 17 Mar 2020, 11:10 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2020, 11:10 WIB
Ratusan pegawai kementerian perhubungan diminta keluar untuk sementara waktu. Hal ini untuk sterilkan Gedung Karya pascakebakaran yang terjadi kemarin, Minggu 8 Juli 2018.
Ratusan pegawai kementerian perhubungan diminta keluar untuk sementara waktu. Hal ini untuk sterilkan Gedung Karya pascakebakaran yang terjadi kemarin, Minggu 8 Juli 2018. (Liputan6.com/Radityo)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari yang lalu, publik dikejutkan dengan kabar bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terpapar virus Corona. Beliau langsung menjalani pemeriksaan dan dirawat secara insentif. Penelusuran penyebaran virus ini pun dilakukan ke dalam orang-orang yang memiliki lingkaran komunikasi yang dekat dengan Menhub.

Salah satu orang di lingkup tersebut ialah Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono. Tersiar kabar bahwa Djoko juga terpapar virus asal Wuhan, China tersebut.

Lantas bagaimana jawaban dari Kemenhub?

Plt Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub Yudhonur Setyaji Paridjo menyatakan, hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai isu tersebut.

"Terkait hal ini, kami belum punya data dan informasinya," ujar Yudho melalui pesan singkat saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (17/03/2020).

Lebih lanjut, belum ada informasi pula apakah orang dekat Menhub lainnya seperti Direktur Jenderal (Dirjen) telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Yang jelas, Kemenhub sendiri sudah melakukan sterilisasi seluruh ruangan kerja untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Kami sudah lakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan mulai dari ruang kerja pak Menhub, ruang pegawai Kemenhub sampai ke ruang pelayanan terpadu satu atap di Kemenhub," jelas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati beberapa waktu lalu.

Selain itu, Kemenhub juga semakin mengintensifkan penggunaan thermometer gun dan memastikan ketersediaan hand sanitizer di sudut-sudut ruangan.

Tak lupa, Kemenhub bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan tes swab kepada jajaran Kemenhub yang pernah berinteraksi dengan Menhub selama 14 hari terakhir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Ini Kabar Terbaru Menhub Budi Karya Sumadi yang Positif Covid-19

Menhub Budi Karya Hadiri Peluncuran Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menceritakan perkembangan terbaru Menhub Budi Karya Sumadi yang positif terjangkit covid-19. Moeldoko menyampaikan hal itu usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Moeldoko mengatakan, dirinya tidak menjenguk Menhub Budi secara langsung. Tetapi, mendapatkan informasi oleh dokter di RSPAD. Kondisi Menhub Budi mengalami perkembangan yang baik.

"Perkembangan baik tadi beberapa dokter, enggak ada masalah," ujarnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Moeldoko juga sempat ditanya bagaimana hasil cek kesehatan Presiden Joko Widodo. Dia mengaku belum tahu hasilnya. "Aku belum tanya" ucapnya.

Pada pemeriksaan hari ini, Moeldoko tak sendiri. Ada tiga menteri lain yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka adalah Menaker Ida Fauziah, Menristek Bambang Brodjonegoro, Wamenkeu Suahasil Nazara.

Moeldoko mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan dia hari ini baik-baik saja. Segala tes kesehatan sampai tes swab dijalaninya.

Mantan Panglima TNI itu menyarankan lebih baik para menteri sampai anak buahnya di Kantor Staf Kepresidenan untuk menjalani tes kesehatan.

"Sebaiknya memang menteri-menteri lebih baik agar pastikan agar lebih firm. Saya sih gak ada panas enggak ada batuk. Nggak ada macam-macam tapi saya ingin yakin kan jangan sampai anak lingkungan saya di kantor (terpapar virus corona). Kita harus yakin agar lingkungan kita terjaga," kata Moeldoko.

   

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya