Presiden Trump Kucurkan Bailout ke Industri Lobster AS

Pemerintahan Trump telah mengucurkan bailout senilai USD 30 miliar bagi petani yang terdampak perang dagang negaranya dengan China. Program ini terbukti populer di kalangan petani.

oleh Nurmayanti diperbarui 25 Jun 2020, 11:30 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2020, 11:30 WIB
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO.
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih

Liputan6.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucurkan bantuan kepada nelayan lobster negaranya, yang bertujuan melindungi di tengah kelesuan pasar ekspor.

Seperti melansir AP dan Washington Post, Kamis (25/6/2020), Penasihat Perdagangan Gedung Putih Peter Navarro mengatakan sang presiden menandatangani sebuah memorandum yang memberikan subsidi bagi industri lobster, seperti yang diberikan kepada petani kedelai dan lainnya.

Melalui Departemen Pertanian, Trump memerintahkan pemberian bantuan keuangan kepada nelayan lobster AS untuk menebus hilangnya pendapatan seiring pemberlakuan tarif China.

Trump juga meminta laporan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer tentang kepastian China mematuhi komitmen pembelian lobster senilai USD 150 juta di bawah perjanjian "fase satu" yang ditandatangani kedua negara pada awal tahun ini.  

Jika tidak, Trump mengatakan kepada Lighthizer untuk mempertimbangkan pengenaan tarif pembalasan pada industri makanan laut Cina. China adalah salah satu tujuan ekspor lobster terbesar AS dan Kanada.

 

 

 


Bailout Pertanian

20170406-Donald Trump Bertemu dengan Xi Jinping di Florida-AP
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sebelum melakukan pertemuan di resor Mar a Lago, Florida, Kamis (6/4). Isu perdagangan dan Korea Utara diperkirakan menjadi isu utama pembahasan kedua pemimpin negara tersebut. (AP Photo/Alex Brandon)

Keputusan Trump  mengenakan tarif impor pada barang-barang China kemudian berbalas dengan negara Tirai Bambu menerapkan tarif pembalasan untuk ekspor lobster AS.

Masalah ini kemudian diangkat Trump pada awal bulan, ketika ia mengadakan pertemuan meja bundar dengan perwakilan industri selama perjalanan ke Maine. 

Perhatian Trump juga muncul ketika para pejabat AS menyatakan keprihatinan jika China telah gagal memenuhi kewajiban pembeliannya berdasarkan kesepakatan perdagangan awal. Hal ini mengancam janji Trump kepada industri pertanian negaranya.

Pemerintahan Trump telah mengucurkan bailout senilai USD 30 miliar bagi petani yang terdampak perang dagang negaranya dengan China. Program ini terbukti populer di kalangan petani.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya