Miliarder Jack Ma Terlihat di Thailand, Kunjungi Pabrik Budidaya Udang Laut

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa Jack Ma baru-baru ini mengalihkan perhatiannya ke teknologi pertanian.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 11 Jan 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2023, 18:00 WIB
Jack Ma Bicarakan Digital Ekonomi di Depan Delagasi IMF-Bank Dunia
Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel “Disrupting Development” Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). Jack Ma mengatakan “pebisnis tak punya rasa takut, kompetitor yang seharusnya takut”.Liputan6.com/Angga Yuniar

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Alibaba Group Holding, Jack Ma dikabarkan mengunjungi Thailand untuk melanjutkan studinya tentang pertanian dan perikanan.

Seperti diketahui, baru-baru ini beredar potret Jack Ma di media sosial bersama Jay Fai, pemilik kedai makanan berbintang Michelin di Bangkok serta menghadiri pertandingan Muay Thai di kota itu.

Mengutip South China Morning Post, Rabu (11/1/2023) sejumlah sumber menyebutkan bahwa miliarder China itu baru-baru ini mengalihkan perhatiannya ke teknologi pertanian.

Pada Juli 2022, Jack Ma dikabarkan mengunjungi sebuah universitas di Belanda untuk mempelajari cara meningkatkan produksi pangan berkelanjutan, mengikuti tur serupa di Eropa tahun sebelumnya untuk memajukan minatnya di bidang pertanian.

Di Jepang, Jack Ma juga menghabiskan waktu mempelajari perikanan dan budidaya tuna, memperluas minatnya pada pertanian berkelanjutan dan industri makanan.

Kemudian dalam perjalanan terbarunya di Thailand, Jack Ma dilaporkan mengunjungi pabrik budidaya udang laut di negara itu, menurut sumber yang mengetahui jadwalnya.

Kunjungannya ke Thailand dilakukan sebulan setelah proyek zona perdagangan bebas, yang diluncurkan pada 2018 oleh Alibaba ketika Jack Ma masih menjadi pimpinan perusahaan itu.

Proyek ini adalah Eastern Economic Corridor, zona ekonomi khusus yang terdiri dari tiga provinsi di Thailand timur – bagian dari electronic World Trade Platform (eWTP), sebuah inisiatif multinasional yang didukung oleh Jack Ma untuk mempromosikan perdagangan global.

Inisiatif ini juga ditampilkan dalam Global Digital Trade Expo, pameran perdagangan yang digelar bulan lalu di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang timur dan rumah bagi kantor pusat Alibaba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Miliarder China Jack Ma Muncul Lagi, Terlihat Jalan-Jalan di Bangkok Thailand

Jack Ma Bicarakan Digital Ekonomi di Depan Delagasi IMF-Bank Dunia
Presiden Bank Dunia Jim Yong kim bersama Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel “Disrupting Development” Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Miliarder China, Jack Ma dilaporkan tengah berada di Bangkok, Thailand pekan ini.

Seperti diketahui, pendiri Alibaba Group telah jarang terlihat dihadapan publik sejak regulator di China meluncurkan tindakan keras terhadap kerajaan bisnisnya pada akhir 2021.

Mengutip US News, Senin (9/1/2023) kemunculan terbaru Jack Ma terlihat dalam sebuah postingan 

Penampakan Ma terbaru muncul di akun Instagram koki bintang Michelin Supinya "Jay Fai" Junsuta, yang mengunggah foto dirinya bersama sang miliarder pada Jumat (6/1).

Unggahan itu juga disertai dengan tulisan yang mengungkapkan bahwa Jack Ma menunjukkan sikap rendah hati kepada penggemarnya.

"Sangat rendah hati, kami merasa terhormat untuk menyambut Anda dan keluarga Anda di Jay Fai," tulis unggahan tersebut.


Terlihat Menonton Pertandingan Tinju

Jack Ma (Andrew Burton/Getty Images)
Jack Ma (Andrew Burton/Getty Images)

Beberapa media lokal Thailand melaporkan bahwa Jack Ma berada di restoran tersebut bersama Supakit Chearavanont, Ketua Dewan Charoen Pokphand Group (CP Group) dan Charoen Pokphand Foods PCL, yang merupakan perusahaan agribisnis terbesar di Thailand.

Namun, pihak CP Group enggan mengomentari terkait kabar pertemuannya dengan Jack Ma.

Laporan media lokal lainnya juga menyebut, Jack Ma menghadiri sebuah pertandingan tinju di Stadion Rajadamnern Bangkok di mana dia terlihat berfoto dengan juara tinju Thailand Sombat "Buakaw" Banchamek.

Beberapa bulan sebelumnya, Jack Ma telah terlihat beraktivitas di berbagai negara. Pada Desember 2022, miliarder itu dilaporkan telah menghabiskan sebagian besar dari enam bulan terakhir bersama keluarganya di Tokyo dan wilayah lain di Jepang, juga mengunjungi Amerika Serikat dan Israel.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya