Harga Minyak Mentah Global Merosot Hampir 4 Persen

Harga minyak turun hampir 4 persen pada hari Rabu, memperpanjang penurunan tajam sesi sebelumnya

oleh Tira Santia diperbarui 27 Apr 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi Harga Minyak
Harga minyak turun hampir 4 persen pada hari Rabu, memperpanjang penurunan tajam sesi sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun hampir 4 persen pada hari Rabu, memperpanjang penurunan tajam sesi sebelumnya. Bahkan setelah sebuah laporan menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun lebih dari yang diharapkan, karena kekhawatiran resesi tumbuh untuk ekonomi terbesar dunia itu.

Dikutip dari Cnbc, Kamis (27/4/2023), harga minyak mentah Brent menetap di USD 77,69 per barel, turun USD 3,08, atau 3,8 persen. Minyak mentah antara West Texas Intermediate AS menetap di USD 74,30 per barel, turun USD 2,77, atau 3,6 persen.

Data Administrasi Informasi Energi (EIA) menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun minggu lalu sebesar 5,1 juta barel menjadi 460,9 juta barel membantu membatasi penurunan harga, jauh melebihi perkiraan analis penurunan 1,5 juta dalam jajak pendapat Reuters.

Stok bensin dan sulingan juga turun, masing-masing turun 2,4 juta barel menjadi 221,1 juta barel dan hampir 600.000 barel menjadi 111,5 juta barel, kata EIA.

"Kompleks tampaknya lebih fokus pada resesi yang mungkin sedang berlangsung daripada beberapa statistik EIA saat ini yang secara umum cenderung bullish," kata Jim Ritterbusch dari konsultan Ritterbusch and Associates.

Perkiraan aktivitas kilang yang lebih tinggi, tetapi ekspor minyak mentah yang lebih rendah, akan terus mendorong dan menarik selama berminggu-minggu.

"Pengoperasian kilang akan naik dalam beberapa minggu ke depan, meningkatkan sisi permintaan buku besar, tetapi melawan ini adalah ekspektasi ekspor minyak mentah yang lebih rendah, karena pengetatan penyebaran Brent-WTI membebani selera beli," Matt Smith, memimpin analis minyak untuk Amerika di Kpler, kata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komitmen OPEC

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Harga minyak telah menghapus semua kenaikannya sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu produsen seperti Rusia, yang dikenal secara kolektif sebagai OPEC+, mengumumkan pada awal April pengurangan produksi tambahan hingga akhir tahun.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan pada hari Rabu bahwa OPEC+ tetap menjadi alat koordinasi yang efisien.

Harga minyak turun lebih dari 2 persen pada hari Selasa karena kekhawatiran ekonomi yang berkepanjangan dan ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut yang dapat membatasi pertumbuhan permintaan bahan bakar melawan tanda-tanda peningkatan kenaikan konsumsi jangka pendek.

Kepercayaan konsumen AS turun ke level terendah sembilan bulan di bulan April karena meningkatnya kekhawatiran, meningkatkan risiko ekonomi jatuh ke dalam resesi tahun ini. Pesanan baru untuk barang modal utama manufaktur AS juga turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Maret dan pengiriman menurun.

“(Data) ini akan menambah kepercayaan pada klaim bahwa ekonomi AS semakin mendekati resesi,” kata Stephen Brennock dari PVM Oil.

 


Potensi Suku Bunga AS

Ilustrasi Harga Minyak Dunia. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia. Foto: AFP

Investor juga khawatir potensi kenaikan suku bunga oleh bank sentral yang memerangi inflasi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan energi di Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa.

Federal Reserve AS, Bank of England dan Bank Sentral Eropa diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada pertemuan mendatang. The Fed bertemu pada 2-3 Mei.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya