Harga Emas Dunia Tergelincir, Sekarang Dipatok Segini

Harga emas dunia di pasar spot emas terakhir turun 0,54% pada USD 1.933,5649 per ons

oleh Septian Deny diperbarui 03 Agu 2023, 06:42 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2023, 06:30 WIB
Harga Emas 'Lagi Bagus', Ini Saatnya Investasi dan Rebut Hadiah Samsung S23 Terbaru!
Harga emas dunia di pasar spot emas terakhir turun 0,54% pada USD 1.933,5649 per ons(Pexels/Michael Steinberg)

Liputan6.com, Jakarta Harga emas tergelincir pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Harga emas anjlok usai kurs USD naik dan imbal hasil obligasi menguat setelah data menunjukkan gaji swasta Amerika Serikat (AS) meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juli.

Dikutip dari CNBC, Kamis (3/8/2023), harga emas dunia di pasar spot emas terakhir turun 0,54% pada USD 1.933,5649 per ons, setelah naik sebanyak 0,6% pada sesi sebelumnya karena beberapa tawaran safe-haven setelah lembaga pemeringkat Fitch menurunkan peringkat pemerintah AS menjadi AA+ dari AAA.

Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,4% menjadi USD 1.970,80.

“Suku bunga yang lebih tinggi pada akhirnya akan memberi tekanan pada harga emas. Juga, kami melihat lebih banyak kekuatan dalam dolar. Harga terjebak di bawah USD 2.000 dan di atas USD 1.900 untuk saat ini,” kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Daniel Pavilonis.

Kurs dolar naik 0,4% ke level tertinggi lebih dari tiga minggu, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Benchmark imbal hasil Treasury 10-tahun AS naik ke level tertinggi sejak 10 Juli.

Bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin minggu lalu. Menurut Alat FedWatch CME, kemungkinan bahwa bank sentral AS akan membiarkan suku bunga tidak berubah pada pertemuan 19-20 September adalah sebesar 83%.

Suku Bunga AS

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak menghasilkan.

“Pedagang dan investor tidak terlalu terguncang atas berita kejutan Fitch, tetapi itu agak mengempiskan sikap pasar yang sebelumnya optimis yang baru-baru ini mendorong indeks saham AS ke level tertinggi baru untuk tahun ini,” ungkap Analis Pasar Senior Kitco, Jim Wyckoff.

Semua mata tertuju pada rilis laporan nonfarm payrolls AS untuk bulan Juli pada hari Jumat. Daftar gaji keseluruhan diperkirakan akan meningkat sebesar 200.000, setelah meningkat sebesar 209.000 pada bulan Juni.

Selain harga emas, harga perak juga turun 2,5% menjadi USD 23,72 per ons. Sedangkan harga platinum turun 1,1% menjadi USD 921,10 dan harga paladium naik 0,1% menjadi USD 1.240,74.

 


Harga Emas Dunia Tergelincir Lebih dari 1%, Saatnya Beli?

Harga Emas Dunia Hari Ini: Foto: Freepik/Wirestock
Harga Emas Dunia Hari Ini: Foto: Freepik/Wirestock

Kemarin, harga emas dunia turun lebih dari 1% pada hari Selasa, terbebani oleh dolar yang lebih kuat dan kenaikan imbal hasil obligasi. Sementara investor menantikan lebih banyak data ekonomi AS minggu ini yang dapat mempengaruhi sikap kebijakan Federal Reserve dan menentukan pergerakan harga emas.

Dikutip dari CNBC, Rabu (2/8/2023), harga emas dunia di pasar spot turun 1% menjadi USD 1.944,0217 per ons pada pukul 16:17. ET. Sementara emas berjangka AS turun 1,3% menjadi USD 1.981,6.

Harga emas melemah karena kita melihat pergerakan yang lebih tinggi dalam dolar AS. Ada juga beberapa profit taking menjelang laporan nonfarm payroll minggu ini,” kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Indeks dolar naik 0,5% ke level tertinggi tiga minggu terhadap para pesaingnya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Imbal Hasil Obligasi AS Naik

Imbal hasil Treasury AS naik karena investor memposisikan diri untuk pengumuman pengembalian dana Treasury pada hari Rabu dan mengantisipasi lebih banyak ketahanan ekonomi ke depan, meskipun data pada hari Selasa menunjukkan perlambatan dalam aktivitas.

Data pada hari Selasa menunjukkan lowongan kerja AS turun ke level terendah dalam lebih dari dua tahun pada bulan Juni, tetapi tetap pada level yang konsisten dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ketat.

Sementara itu, manufaktur A.S. tampak stabil pada level yang lebih lemah di bulan Juli di tengah peningkatan pesanan baru secara bertahap.

 


Data Tenaga Kerja AS

Harga Emas Antam Turun Rp 4.000 per Gram
Petugas menunjukan dummy emas batangan saat pameran di Jakarta, Jumat (23/8/2019). Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam turun Rp 4.000 menjadi Rp 751 ribu per gram, pada perdagangan Jumat (23/8/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Fokus sekarang bergeser ke laporan utama nonfarm payrolls AS untuk bulan Juli yang akan dirilis pada hari Jumat. Keseluruhan gaji diperkirakan akan naik 200.000 pekerjaan pada bulan Juli setelah meningkat sebesar 209.000 pada bulan Juni.

Emas mengakhiri Juli dengan kenaikan 2,5% - kenaikan bulanan terbesar dalam empat bulan - didorong oleh harapan bahwa bank sentral global besar mendekati puncaknya dengan kenaikan suku bunga di tengah tanda-tanda perlambatan inflasi.

"Saya pikir Fed akan melewatkan kenaikan suku bunga pada pertemuan berikutnya jika kita melihat inflasi turun ... harga emas dapat terikat dalam kisaran dalam waktu dekat, tetapi pada akhirnya akan naik di atas USD 2.000 per ons," Moya dikatakan.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak menghasilkan.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya