BSI Jalin Kolaborasi dengan Jasamarga Tollroad Operator Guna Beri Layanan Perbankan Syariah

Dalam rangka meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah di Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menjalin kolaborasi dengan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

oleh Fachri pada 16 Agu 2023, 16:30 WIB
Diperbarui 16 Agu 2023, 16:28 WIB
BSI.
Direktur Retail Banking BSI Ngatari bersama Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Trianggoro saat penandatanganan nota kesepahaman tentang Pemanfaatan Layanan Jasa dan Produk Perbankan syariah di Gedung The Tower Jakarta, Rabu (16/8/2023). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah di Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menjalin kolaborasi dengan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO). Selain meningkatkan literasi keuangan, kolaborasi tersebut juga bertujuan untuk memberikan layanan perbankan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Direktur Retail Banking BSI, Ngatari mengatakan bahwa kerja sama dengan JMTO merupakan bagian dari komitmen BSI dalam memberikan layanan perbankan syariah yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Dirinya pun mengungkapkan, saat ini gaya hidup syariah sudah banyak diterapkan oleh masyarakat dan menjadi potensi besar yang harus ditangkap oleh BSI.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan JMTO yang telah memilih BSI sebagai mitra dalam memberikan layanan perbankan syariah kepada para karyawan. Ini merupakan kerja sama strategis untuk meningkatkan inklusi dan literasi perbankan syariah kepada masyarakat luas,” katanya.

Kolaborasi tersebut meliputi pembayaran payroll karyawan, tabungan BSI Easy Wadiah dan mudharabah, tabungan haji dan haji muda Indonesia, tabungan pendidikan, tabungan berencana, tabungan bisnis, tabungan valas, tabungan efek syariah, tabungan pensiun, dan layanan perbankan lainnya.

Tak hanya itu, BSI juga menjadi alterntif pembayaran untuk pengelolaan parkir berbasis nontunai “GetPark”, ekosistem produk “GetPay”, pembayaran digital seperti payment gateway berbasis server yang dikelola “Getoll”, dan kerja sama lain yang dikembangkan pada “Aplikasi Travoy” oleh JMTO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keuangan Tercatat Baik

FOTO: Pelayanan Bank Syariah Indonesia Usai Diresmikan Jokowi
Aktivitas pekerja di kantor cabang Bank Syariah Indonesia, Jakarta Selasa (2/2/2021). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi beroperasi dengan nama baru mulai 1 Februari 2021. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pada kuartal I tahun 2023, BSI mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 47,6% (year on year/yoy) menjadi Rp1,45 triliun, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 sebesar Rp987,68 miliar.

Selain itu, dalam periode yang sama, laba usaha perseroan tercatat sebesar Rp1,93 triliun atau tumbuh secara tahunan dari Rp1,32 triliun pada kuartal pertama tahun 2022. Sementara, dari sisi pendanaan, BSI mampu mengoptimalisasi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dengan pencapaian sebesar Rp269,26 triliun atau tumbuh 12,88% (yoy).

Saat ini, total tabungan mencapai Rp115,12 triliun dan menjadikan BSI berada di peringkat ke-5 tabungan secara nasional. Pencapaian ini memberikan pengaruh positif terhadap rasio cost of fund (CoF) BSI menjadi 1,97%, karena tabungan wadiah yang memberikan dampak efisiensi pengurangan biaya bagi hasil.

Sedangkan, dari sisi pembiayaan, BSI pun mencatatkan pertumbuhan impresif dua digit yakni 20,15% (yoy) menjadi Rp213, 28 triliun. Pada periode tersebut, kualitas pembiayaan BSI juga terjaga dengan baik, tercermin dari NPF Gross di level 2,36%.

Saat ini, aset yang dimiliki BSI mencapai Rp313,25 triliun, tumbuh 15,47% secara yoy. Angka tersebut menujukkan bahwa dari sisi risiko pembiayaan, BSI melakukan mitigasi dengan baik sesuai dengan jenis pembiayaan.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya