Jadi Sumber Masalah, Menteri Bahlil Minta Konsultan Minerba Dihapus

Menteri Bahlil meminta bawahannya amanah dalam mengelola kekayaan negara dalam bentuk mineral dan batu bara, gas, minyak, hingga energi baru terbarukan (EBT).

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 20 Sep 2024, 16:15 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 16:15 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia meminta pihak konsultan di sektor mineral dan batu bara (minerba) dihapuskan. (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia meminta pihak konsultan di sektor mineral dan batu bara (minerba) dihapuskan. Pasalnya, ia mengklaim konsultan minerba jadi biang masalah yang menyelimuti Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM. 

Permintaan itu disampaikannya dalam kata sambutan saat melantik Tri Winarno sebagai Direktur Jenderal atau Dirjen Minerba Kementerian ESDM terbaru di Ruang Sarulla Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9/2024).

"Konsultan-konsultan minerba dihapuskan! ini yang membuat ribet, ini yang jadi akar masalah sehingga para penegak hukum masuk," pinta Bahlil. 

"Segera tertibkan oknum-oknum atau pihak lain di luar institusi yang mengatasnamakan pejabat di institusi ini. Itu arahan saya," tegas dia. 

Lebih lanjut, Bahlil meminta bawahannya amanah dalam mengelola kekayaan negara dalam bentuk mineral dan batu bara, gas, minyak, hingga energi baru terbarukan (EBT). Ia pun mengaku sudah punya tabungan masalah di setiap direktorat jenderal, khususnya Minerba. 

"Ibu-ibu Dirjen, pak Dirjen semua sudah belanja masalah, sudah full bucket selama sebulan. Kalau di minerba ini enggak perlu saya belanja masalah, karena masalahnya udah terlalu banyak. Enggak perlu saya melakukan full bucket, karena bucket-nya sudah penuh," bebernya. 

Oleh karenanya, ia mendorong Tri Winarno untuk menyelesaikan segala permasalahan tersebut. Bahlil memberikan instruksi untuk segera membangun konsolidasi di tingkat organisasi, baik tingkat direktur maupun non Direktur. 

"Reform berbagai macam kebijakan aturan, jangan aturan menyulitkan kita sendiri. Layani urusan-urusan tiap masyarakat dan perusahaan, urusan MODI (Minerba One Data Indonesia), urusan RKAB (Rencana Kerja dan Anggaran Biaya), urusan IUP (Izin Usaha Pertambangan), IUP tumpang tindih, yang tidak berhak diberikan MODI dikasih MODI," bebernya. 

"Saya minta bapak selesaikan itu. Karena saya tidak bisa untuk diputar-putar, karena saya tahu," kata Bahlil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menteri ESDM Bahlil Lantik Tri Winarno Jadi Dirjen Minerba, Berikut Profil Lengkapnya Pelantikan Tri Winarno untuk mengisi posisi Dirjen Minerba yang kosong usai Ridwan Djamaludin

Pelantikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Jumat (20/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Pelantikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Jumat (20/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia  melantik Tri Winarno menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba) atau Dirjen Minerba.

Pelantikan ini untuk mengisi posisi Dirjen Minerba yang kosong usai Ridwan Djamaludin menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pertambangan bijih nikel PT Antam di Blok Mandiodo, Konawe Utara, pada 2021 -2023.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturanperundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Tri menirukan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9)

Melansir laman ESDM, Tri Winarno dari masuk di Kementerian ESDM pada tahun 2005. Dia memulai karier struktural pertama di Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba sebagai Kepala Seksi Standarisasi Mineral pada 2009.

Kemudian, Tri Winarno diamanahkan sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral pada Februari 2024 setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Program Minerba Kementerian ESDM.

 


Pendidikan

Tri Winarno merupakan Lulusan sarjana Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (1997) ini dikenal sebagai sosok yang humoris tetapi tegas. 

Tri menyelesaikan pendidikan magister Teknik Geologi di Universitas Gadjah Mada (2007), lalu menamatkan studi doktoral Pertambangan di Freiberg Technische Universitat Bergakademie, Jerman (2016).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya