10 Bangunan Megah Termahal yang Pernah Dibangun Manusia (I)

Berkat perhitungan dan karakter bangunan yang kuat, sejumlah bangunan tetap mampu berdiri kokoh dan kuat hingga sekarang.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 27 Nov 2013, 10:21 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2013, 10:21 WIB
tembok-besar-china-131126c.jpg

Kecerdasan dan kejeniusan para perancang bangunan tempo dulu memang patut diacungi jempol. Berkat perhitungan dan karakter bangunan yang kuat, sejumlah bangunan tetap mampu berdiri kokoh dan kuat hingga sekarang

Sementara seperti dikutip dari The Richest, Selasa  (26/11/2013), seiring perkembangan zaman, kecanggihan teknologi konstruksi telah membantu terciptanya banyak gedung menarik. Bahkan stasiun ruang angkasa pun mampu diluncurkan dan menerima banyak kunjungan dari bumi.

Untuk membangunnya, baik bangunan tempo dulu maupun masa kini, harganya tetap saja melambung tinggi murah. Lengkapnya, berikut 10 bangunan  buatan manusia yang paling mahal di dunia:
1. Tembok Besar China

Biaya pembangunan: US$ 260 miliar atau setara Rp 2.992 triliun

Tembok Besar China dibangun dengan perkiraan biaya mencapai US$ 260 miliar atau setara Rp 2.992 triliun. Tembok bersejarah sepanjang 4.500 km itu merupakan satu-satunya bangunan buatan tangan manusia yang dapat terlihat dari luar angkasa.

Butuh waktu sekitar 200 tahun untuk mendirikan gedung setinggi 15 hingga 30 kaki tersebut. Pembangunannya melibatkan lebih dari 3 juta tenaga kerja paksa.

Tembok tersebut membentang dari provinsi Laionling di Timur dan provinsi Gansu di Barat. Pembangunannya mengakhiri enam generasi kerja paksa di China.
2. International Space Station

Biaya pembangunan: US$ 100 miliar atau Rp 1.151 triliun

Jatuhnya komunis Uni Soviet pada 1992 secara tidak sengaja mengirimkan dua program stasiun angkasa berbeda di waktu bersamaan. Peluncuran bertahap International Space Station tersebut menelan biaya hingga US$ 100 miliar atau Rp 1.151 triliun.

Stasiun ruang angkasa seluas lapangan sepak bola tersebut mengelilingi bumi dengan kecepatan mencapai 17.240 mph. Setelah astronot pertama tiba di stasiun tersebut pada 20 November 1998, sebanyak 339 awak lainnya dari berbagai negara menetap disana untuk melakukan lebih dari 1.500 percobaan ilmiah.

Berat stasiun pengawasan ruang angkasa tersebut mencapai hampir satu juta pound.  Stasiun tersebut sebanding dengan rumah dengan lima atau enam kamar tidur, membuatnya nyaman untuk bekerja dan tinggal.

Pada 2001 , pengusaha asal Amerika Serikat (AS) Dennis Tito, menjadi penduduk sipil pertama yang terbang ke stasiun tersebut. Dia menginap selama delapan hari sebelum kembali ke bumi. Biaya perjalanannya tersebut menghabiskan biaya US$ 20 juta.
3. Taj Mahal

Biaya pembangunan: US$ 25 miliar atau setara Rp 287,7 triliun

Bangunan cantik asal India, Taj Mahal dibangun pada zaman kekuasaan Mughal Empire Shah Jahan sebagai upayanya mengenang almarhum sang istri. Pembangunan gedung berhiaskan marmer putih dan kuning tersebut menelan waktu hingga 21 tahun. Sebanyak 20 ribu pekerja dilibatkan dengan biaya mencapai US$ 25 miliar atau setara Rp 287,7 triliun. Dia sebenarnya merancang bangunan tersebut untuk dirinya pribadi, namun kemudian dia mengubah rencananya dan mempublikasikan tempat tersebut untuk umum.
4. Marina Bay Sands dan Resorts World Sentosa

Biaya pembangunan: US$ 15 miliar atau setara Rp 172,6 triliun

Marina Bay Sands dikelola di bawah naungan Las Vegas Sands Corp., sementara Resorts World Sentosa dimiliki Genting Group asal Malaysia. Kedua perusahaan induk tersebut memenangkan tender pembangunan dua gedung super mewah itu di Singapura pada 2006.

Setelah menolak iming-iming kasino di dalam batas negaranya, pemerintah Singapura akhirnya mengalah dengan memadukan dua resor tersebut.
5. Palm Islands

Biaya pembangunan: US$ 14 miliar atau setara Rp 161,1 triliun

Pulau indah di Dubai, Uni Emirat Arab ini sering disebut sebagai keajaiban dunia ke delapan. Wilayah tersebut terdiri dari tiga pulau palm terdiri dari tiga pulau artifisial yaitu Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira.

Jika dilihat dari atas, tiga pulau tersebut berbentuk seperti pohon palem. Lokasi tersebut dibangun dengan menggunakan lebih dari 34 juta pon batu dan 53 juta pon pasir.

Dengan lima lusin hotel mewah, dan 10 ribu akomodasi mewah mulai dari pantai hingga restoran kelas internasional Palm Islands telah menjadi taman bermain untuk orang kaya dan terkenal.



Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya