Rupiah `Keok` Lawan Ringgit, RI Tujuan Wisata Turis Malaysia

Indonesia kini menjadi negara tujuan wisata paling menarik bagi para turis Malaysia. Pasalnya, kurs rupiah melemah terhadap ringgit.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 02 Des 2013, 11:46 WIB
Diterbitkan 02 Des 2013, 11:46 WIB
rupiah-keok131202b.jpg
Indonesia kini menjadi salah satu negara tujuan belanja dan wisata paling menarik bagi para pengunjung asal Malaysia. Pasalnya, nilai tukar rupiah terhadap ringgit tercatat anjlok sebesar 12,9% sepanjang tahun ini.

Seperti dikutip dari The Star Online, Senin (2/12/2013), tak hanya melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), nilai tukar rupiah pada ringgit juga tercatat merosot tajam. Dibandingkan negara-negara Asia lainnya, rupiah mencatatkan kemerosotan nilai tukar terparah pada ringgit.

Kondisi tersebut membuat harga-harga produk di dalam negeri menjadi lebih murah bagi para wisatawan asal Malaysia. Tak heran, Bandung menawarkan produk belanja dengan harga-harga yang menggiurkan bagi para turis asal Malaysia. Terlebih lagi, perjalanan ke Bandung tak jauh dari kampung halamannya.

Selain Indonesia, India juga menjadi tujuan wisata yang menarik. Pelamahan nilai tukar rupee sebesar 7,4% terhadap Malaysia juga menyebabkan harga jual produk-produk India menurun.

Banyak keluarga asal Malaysia yang telah memesan tiket liburan beberapa bulan ke depan untuk mengambil keuntungan dari murahnya tiket pesawat. Selain itu, biaya menginap yang lebih rendah di dua negara tersebut juga dimanfaatkan dengan baik oleh para turis Malaysia.

Meski begitu, menurut tim peneliti data valuta asing (valas) dari Maybank Singapore, ringgit beserta mata uang Asia lainnya tengah menghadapi risiko pelemahan terbesar.

Rencana pengurangan dana stimulus dari Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) pada 2014 menjadi tantangan yang harus dihadapi sejumlah mata uang di Asia. The Fed diprediksi akan menarik dana stimulusnya pada kuartal pertama tahun depan. (Sis/Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya