Gol Telat Ghoochannejhad Menangkan Iran Atas UEA

Ghoochannejhad tampil sebagai pahlawan kemenangan saat Iran mengalahkan Uni Emirate Arab

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 19 Jan 2015, 18:45 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2015, 18:45 WIB
Iran vs Uni Emirate Arab
Iran vs Uni Emirate Arab

Liputan6.com, Brisbane - Iran memantapkan posisinya di puncak klasemen Grup C Piala Asia 2015 usai mengalahkan Uni Emirate Arab (UEA) 1-0. R. Ghoochannejhad tampil sebagai pahlawan kemenangan usai mencetak gol di waktu tambahan (90+1).

Iran sendiri sebenarnya sudah memastikan langkah ke perempat final usai menaklukkan Qatar pada matchday kedua babak penyisihan Grup C. Begitu juga UEA. Sebelumnya, tim asuhan Mahdi Ali ini berada di posisi puncak Grup C dengan enam poin, hasil dua kali kemenangan melawan atas Bahrain  dan Qatar.

Pertandingan Iran kontra UAE di Suncorp Stadium, Brisbane, berjalan seru. Kedua tim menampilkan permainan terbuka. Alhasil, jual beli serangan terjadi di babak pertama.

UAE sebenarnya lebih banyak menguasai jalannya pertandingan. Statisik menunjukkan skuat asuhan Carlos Queiroz menguasai bola hampir 65 persen. Sayangnya, penyelesaian akhir
Ahmed Khalil atau Ali Ahmed Mabkhout yang diandalkan di lini depan pada laga ini sering menemui jalan buntu.

Sebaliknya, Iran yang dimotori Azmoun dan Amiri, meski hanya sesekali melakukan serangan balik, tekanan mereka ternyata cukup efektif. Beberapa kali peluang terjadi di depan gawang UEA yang dikawal Majed Naser. Hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang 0-0 tetap tidak berubah.

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berlangsung dalam tempo cepat. UEA masih mendominasi penguasaan bola.

Di babak ini  pelatih Iran Queiroz mengganti sejumlah pemainnya untuk mengimbangi tekanan lawannya. Dua penyerangnya  Azmoun dan Jahanbakhsh ditarik keluar digantikan Ghafouri dan Ghoochannejhad.

Strategi ini ternyata cukup berhasil. Memasuki pertengahan babak kedua Iran mampu mengimbangi permainan. Bahkan, serangan mereka kerap merepotkan pertahanan UEA.

Malapetaka terjadi saat pertandingan akan berakhir. Umpan A. Teymourian ke kotak penalti UEA berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ghoochannejhad. Bola sundulan Ghoochannejhad bersarang ke sudut gawang UEA tanpa bisa dijangkau Naser. Iran pun menang tipis 1-0.
 

Susunan pemain:

Iran (4-4-2)

A. Haghighi, J. Hosseini, M. Pouraliganji, J. Nekounam, A. Teymourian, M. Pooladi, K. Heydari, S. Rafiei, V. Amiri, S. Azmoun (Ghafouri), A. Jahanbakhsh (Ghoochannejhad)

UEA (4-2-3-1)

Majed Naser, Walid Abbas, Mohamed Ahmad, Mohanad Salem, Abdulaziz Sanqour, Omar Abdulrahman, Amer Abdulrahman, Habib Fardan Abdualla, Khamis Esmail, Ahmed Khalil, Ali Ahmed Mabkhout



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya