Legenda MU Kagumi Kinerja Emery di Arsenal

Arsenal tampil bagus bersama Emery.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Des 2018, 20:15 WIB
Diterbitkan 11 Des 2018, 20:15 WIB
Arsenal Vs Wolverhampton
Aksi pelatih Arsenal, Unai Emery. (AFP/Daniel Olivas)

Liputan6.com, London - Musim 2018/19 memang menjadi tantangan berat bagi Arsenal. Setelah lebih dari seperempat abad berada di bawah arahan Arsene Wenger, The Gunners telah memulai era baru di bawah Unai Emery.

Tidak sedikit yang memprediksi Umery bakal kesulitan mengemban tugas sebagai pengganti Wenger. Namun, pelatih asal Spanyol tersebut mampu membalikkan prediksi minor. Emery sejauh ini dinilai sukses membuat Arsenal melupakan Wenger.

Arsenal melaju mulus di Liga Europa, mereka juga bersaing untuk posisi empat besar Premier League. Catatan yang lebih bagus, Emery sejauh ini mampu membawa Mesut Ozil dan kolega belum pernah kalah pada 21 laga secara beruntun di semua kompetisi.

Legenda MU, Gary Neville sadar betul bahwa apa yang jadi tugas Unai Emery tidak mudah. Bukan hanya sekedar mengubah tim, Emery juga harus mengubah sebuah sistem yang dibangun oleh Arsene Wenger.

"Emery sudah melakukan yang maksimal dari apa yang mungkin dilakukan dari pekerjaannya dengan tim ini," ujar Neville pada Sky Sports.

"Bukan hal yang mudah untuk melakukan transisi yang begitu cepat dari manajer yang menjabat lama seperti Wenger. Dia telah menanamkan budaya bagi semua orang di klub. Ini adalah gaya yang sangat kuno di mana orang di sana akan mengutip pernyataan Wenger," kata Neville.

"Jadi, Anda harus mengubah hal tersebut, tidak hanya dengan pemain tapi juga dengan staf, para koki, manajerial dan semua orang yang sudah terbiasa dengan Wenger. Emery harus bekerja keras."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sulit

Unai Emery
Pelatih Arsenal, Unai Emery, saat pertandingan melawan Vorskla pada laga Liga Europa di Stadion Emirates, London, Kamis (20/9/2018). Arsenal menang 4-2 atas Vorskla. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Unai Emery seolah membuat segalanya menjadi mudah bagi Arsenal, jika melihat apa yang terjadi di lapangan. Namun, Gary Neville menilai itu bukan pekerjaan mudah. Sebab, ada banyak keputusan berat yang harus diambil oleh mantan pelatih Sevilla tersebut.

"Itu nampaknya memang dilakukan dengan mudah oleh Emery. Tapi, pada setiap laga, dia harus membuat keputusan yang sulit, dia harus bekerja keras untuk membuat pergantian pemain. Saya pikir, dia butuh dua atau tiga bursa transfer lagi untuk menanamkan apa yang dia pikirkan."

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya