Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Besok, 8 Juli 2021

Pelepasan atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020 terpaksa harus digelar secara daring karena kebijakan PPKM Darurat pada 3-20 Juli.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 07 Jul 2021, 21:30 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2021, 21:30 WIB
20160808-Ilustrasi Olimpiade Rio 2016-Brasil
Pelepasan atlet untuk Olimpiade Tokyo 2020 terpaksa harus digelar secara daring karena kebijakan PPKM Darurat pada 3-20 Juli. (AFP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memastikan acara pengukuhan dan pelepasan kontingen Merah Putih untuk Olimpiade 2020 Tokyo akan dilaksanakan secara virtual, Kamis (8/7/2021).

Pelepasan atlet untuk Olimpiade Tokyo terpaksa harus digelar secara daring karena kebijakan PPKM Darurat pada 3-20 Juli.

Dalam keterangan KOI, acara akan diawali dengan pengukuhan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada pukul 08.00 WIB, dilanjutkan pelepasan kontingen oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara mulai pukul 11.00 WIB.

KOI awalnya berencana menggelar pelepasan dan pengukuhan kontingen Indonesia pada 5 Juli, namun diundur ke 8 Juli.

Atlet yang lolos akan turut hadir secara virtual dari tempat pelatnasnya masing-masing. Tim bulu tangkis juga bisa ikut serta karena akan bertolak lebih awal ke Jepang pada Kamis malam.

Acara pelepasan atlet oleh presiden sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia. Namun, tingginya jumlah kasus Covid-19 membuat tradisi ini sulit dilakukan secara tatap muka karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

Meski digelar virtual, pengukuhan dan pelepasan atlet diharapkan tidak mengurangi esensi dari dukungan kepala negara terhadap atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini


28 Plus 1

Ilustrasi Olimpiade Rio
Ilustrasi Olimpiade Rio (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Indonesia mengirim 28 atlet plus satu untuk Olimpiade Tokyo. Potensi tambahan atlet datang dari cabang olahraga selancar, dengan I Ketut Agus Aditya Putra disiapkan sebagai pengganti jika ada yang berhalangan.

Keberangkatan tim Indonesia ke Tokyo terbagi menjadi lima kloter. Pertama tim bulu tangkis bertolak lebih awal pada 8 Juli untuk menjalani pemusatan latihan di Kumamoto.


Rombongan Berikutnya

Cincin Olimpiade Raksasa Mejeng di Tokyo
Sejumlah orang makan di restoran hotel ketika kapal tongkang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)

Dilanjutkan dengan tim advance yang bertugas meninjau lokasi bertolak pada 15 Juli. Penerbangan selanjutnya adalah tim panahan, menembak, dayung, surfing, angkat besi, serta renang pada 17 Juli.

Penerbangan keempat adalah Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari dan ketua CdM bersama tim pada 20 Juli. Terakhir tim atletik pada 24 Juli.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya