Kemenangan Atas Kuwait Dongkrak Kepercayaan Diri Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Bergabung di Grup A, Tim Merah Putih secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim unggulan Kuwait dengan skor 2-1 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (8/9/2022) malam.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 09 Jun 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2022, 12:30 WIB
Timnas Kuwait Vs Timnas Indonesia
Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait pada laga pertama Grup A kualifikasi ketiga Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Satu dari dua gol Indonesia disarangkan Marc Klok pada menit ke-44. (dok PSSI)  

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan atas Kuwait menjadi awal yang baik bagi timnas Indonesia dalam mengarungi babak kualifikasi Piala Asia 2023. Bergabung di Grup A, Tim Merah Putih secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim unggulan Kuwait dengan skor 2-1 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (8/9/2022).

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak Marc Klok pada menit ke-44 (pen) dan Rachmat Irianto menit ke 46'. Kemenangan ini sekaligus membuat peluang lolos ke Piala Asia 2023 semakin terbuka.

"Alhamdulillah timnas Indonesia mampu meraih kemenangan pada laga perdana melawan Kuwait. Ini awal yang bagus dan menjadi modal yang baik untuk menghadapi dua laga selanjutnya melawan Yordania dan Nepal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dilansir dari situs PSSI.

"Semoga timnas Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kami berharap pemain tetap fokus, kerja keras, dan disiplin demi meraih target tersebut," tambahnya.

Sementara itu, pemain belakang timnas Indonesia Rachmat Irianto mengaku bersyukur atas kemenangan ini. Apalagi Kuwait bermain di kandang sendiri dan tim kuat.

"Pertandingan yang luar biasa, kami tertinggal terlebih dahulu namun kami mampu membalikkan keadaan dan meraih kemenangan. Toreha tiga poin ini membuat kami percaya diri menatap dua laga selanjutnya. Kami ingin lolos ke Piala Asia 2023," kata Irianto.

Timnas Indonesia selanjutnya menghadapi Yordania pada 11 Juni dan Nepal 14 Juni di tempat yang sama. Juara Grup dan lima runner up terbaik dipastikan akan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang.


Jalannya Pertandingan

Timnas Kuwait Vs Timnas Indonesia
Rachmat Irianto (nomor 13) berhasil mencetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Kuwait pada laga pertama Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Berkat gol Irianto, Indonesia menang 2-1. (dok. PSSI)

Duel Indonesia vs Kuwait berjalan sengit sejak awal. Kedua tim saling jual beli serangan. Bahkan, pada menit ke-17, Klok mendapatkan peluang, tetapi bola sepakannya melebar dari gawang lawan.

Giliran Kuwait yang mendapat kesempatan mencetak gol melalui sepakan Eid Al Rashidi, tapi mampu ditepis dengan baik oleh Nadeo Argawinata.

Setelah menunggu lama, gol akhirnya tercipta di babak pertama. Tepatnya pada menit ke-40, Kuwait sukses unggul lebih dulu atas Timnas Indonesia setelah tandukan Yousef Alsulaiman gagal dihalau Nadeo Arga Winata. 1-0.

Babak pertama seperti akan berakhir dalam keadaan Kuwait unggul. Namun, wasit melihat Rachmat Irianto dilanggar oleh kiper lawan di kotak terlarang. Wasit memberikan hadiah penalti buat Indonesia.

Marc Klok yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Pemain naturalisasi Persib Bandung itu dengan tenang dan percaya diri mengecoh Hussain Kankone dan membuat skor berubah menjadi imbang 1-1.


Manfaatkan Situasi

Foto: Aksi Spartan Para Penggawa Timnas Indonesia saat Menang Comeback atas Tuan Rumah Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023
Pada awal babak pertama, Timnas Indonesia masih kesulitan untuk mengembangkan serangan. Sementara itu, Kuwait mencoba untuk memegang kendali permainan dan beberapa kali menebar ancaman mematikan. Tuan rumah bahkan mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-40 melalui tandukan Yousef Alsulaiman usai berhasil memanfaatkan umpan silang dari Bader Al Motawaa. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia langsung membuka pertandingan di babak kedua dengan serangan dadakan. Hanya berselang dua menit kemelut di depan gawang Kuwait dimanfaatkan Rachmat Irianto untuk mencetak gol menjadi 2-1.

Kuwait hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-51 melalui aksi Alsulaiman. Pemain berusia 31 tahun tersebut melepaskan tembakan keras yang menghujam gawang Nadeo. Untungnya, gol dianulir karena Alsulaiman terjebak offside.

Timnas Indonesia yang mengandalkan serangan balik hampir menambah kemenangan. Pada menit ke-81, Witan Sulaeman berhasil menerobos pertahanan Kuwait dan tinggal menaklukkan kiper.

Sayang, pemain Kuwait berhasil mengejar dan mengganggu sehingga tembakan Witan melebar dari gawang. Sampai akhir laga, Kuwait gagal membalas ketinggalan dan mereka harus menerima kekalahan 1-2 dari Indonesia.


Hasil Lengkap Piala Asia 2023

Grup A

Indonesia vs Kuwait 2-1

Yordania vs Nepal 2-0

 

Grup B

Filipina vs Yaman 0-0

Palestina vs Mongolia 1-0

 

Grup C

Thailand vs Maladewa 3-0

Uzbekistan vs Sri Lanka 3-0

 

Grup D

Hong Kong vs Afghanistan 2-1

India vs Kamboja 2-0

 

Grup E

Turkmenistan vs Malaysia 1-3

Bahrain vs Bangladesh 2-0

 

Grup F

Tajikistan vs Myanmar 4-0

Kyrgystan vs Singapura 2-1

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya