Perjuangan Gila Timnas Basket 3x3 Putri Berbuah Perunggu di SEA Games 2023

Pemain timnas basket 3x3 putri Indonesia sampai berdarah-darah demi mendapatkan medali perunggu.

oleh Thomas diperbarui 08 Mei 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 11:30 WIB
Timnas basket 3x3 putri Indonesia merebut perunggu di SEA Games 2023
Timnas basket 3x3 putri Indonesia merebut perunggu di SEA Games 2023 (dok Perbasi)/Yoga)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket 3x3 putri Indonesia sukses merebut medali perunggu di SEA Games 2023. Indonesia mengalahkan tuan rumah Kamboja 21-15 di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2, Minggu (7/5/2023).

Sukses ini membuat tim basket 3x3 putri Indonesia mengulangi prestasi di SEA Games 2021. Ketika itu pasukan July Wong juga membawa pulang medali perunggu setelah mengalahkan Filipina.

Perjuangan gila dilakukan timnas putri 3x3 untuk mengamankan perunggu di SEA Games 2023 Kamboja. Di lapangan, para pemain memang tampil habis-habisan. Bahkan saat hadapi Vietnam di semifinal, pelipis kiri Agustin Retong pecah. Darah mengucur dari pelipisnya.

Setelah mendapatkan perawatan dan dibalut perban, dia tampil di partai perebutan tempat ketiga yang berselang sekitar sejam. Perjuangannya menghasilkan medali perunggu karena mampu mengalahkan Kamboja.

Usai pertandingan melawan Kamboja, Dyah Lestari badannya lemas. Tidak bisa digerakkan. Dia kemudian dilarikan ke pusat medis di sekitar venue untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tari kemudian sudah bisa gabung dengan rekan setimnya saat upacara pengalungan medali. Kemudian mencicipi makanan khas Indonesia di Rumah Indonesia atas jamuan CdM Lexyndo Hakim. Meski bisa kembali aktivitas seperti semula, namun raut wajah lelah tidak bisa dihilangkan dari mukanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar

“Saya bangga dengan perjuangan mereka. Mereka bermain dengan hati. Mereka bahkan berjuang mati-matian di lapangan mengeluarkan semuanya sampai berdarah-darah," terang Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja.

“Puji Tuhan bisa membawa pulang medali meski perunggu, apapun itu kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Semoga bisa lebih baik mohon dukungan selalu buat nanti kami di 5on5,” jelas Agustin Gradita Retong, kapten Timnas basket 3x3 Putri Indonesia.


Membuka Jalan Emas di 5on5

Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi mengapresiasi kerja keras para pemain. Dyah Lestari, Agustin Retong, Adelaide Callista Wongsohardjo, dan Kimberley Pierre Louis tak kenal lelah terus mengejar bola dan berusaha memproduksi poin.

“Medali perunggu ini diharapkan menjadi medali pembuka untuk bola basket Indonesia di SEA Games Kamboja. Setelah ini kita tunggu kejutan dari Timnas Elit Putri dan Putra. Kami optimistis basket Indonesia rebut emas lagi,” tukas Nirmala.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya