Tersisa Satu Slot ke Liga Champions, Milik Manchester United atau Liverpool?

Hanya tersisa dua klub saja yang masih memiliki peluang untuk mendapat sisa satu spot empat besar, yaitu Manchester United dan Liverpool.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 23 Mei 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 18:00 WIB
Hasil Liga Inggris MU vs Liverpool
Striker Liverpool Mohamed Salah bersaing dengan bek Manchester United Lisandro Martinez (kanan) pada laga pekan ketiga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB. Secara luar biasa MU menang perdana di Liga Inggris musim 2022/2023 dengan mengalahkan rival abadi Liverpool 2-1. (Photo by Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Newcastle United baru saja memastikan finis di empat besar Liga Inggris usai bermain imbang 0-0 melawan Leicester City, Selasa (23/5/2023). Dengan demikian, The Magpies kembali akan tampil  di jang Liga Champions pada musim depan untuk pertama kalinya setelah 20 tahun terakhir.

Dengan begitu, slot empat besar di Liga Inggris hanya menyisakan satu tempat untuk diisi. Sebelumnya, Manchester City dan Arsenal telah lebih dulu mengunci tempatnya di urutan pertama dan kedua.

Hanya tersisa dua klub saja yang masih memiliki peluang untuk mendapat sisa satu spot tersebut, yaitu Manchester United dan Liverpool. Man United sendiri dinilai memiliki peluang yang lebih besar ketimbang rival abadinya itu.

Bukan tanpa alasan, skuad besutan Erik ten Hag itu sementara ini menempati peringkat keempat dengan perolehan 69 poin dan masih menyisakan dua pertandingan untuk dimainkan. Artinya, jika mereka berhasil memenangkan semua sisa pertandingannya, klub yang dijuluki Setan Merah tersebut akan mengemas 75 poin dan menggusur  Newcastle dari urutan ketiga pada papan klasemen Liga Inggris.

Manchester United juga sudah cukup mengamankan tiket ke Liga Champions dengan tambahan satu kemenangan. Sebab torehan 72 poin yang diraih juga tidak mungkin lagi terkejar oleh Liverpool.  

Seperti diketahui, Liverpool yang masih tertahan di urutan kelima dengan 66 poin dan hanya berpeluang masuk ke empat besar jika Man United kalah di semua sisa laganya. The Reds sendiri telah memainkan 37 laga yang artinya mereka hanya punya satu sisa pertandingan dan poin maksimal untuk diraih sebesar 69.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manchester United Harus Berhati-hati

Hasil Liga Inggris: Manchester United Remuk di Kandang Liverpool
Penyerang Manchester United, Wout Weghorst berebut bola dengan pemain Liverpool, Harvey Elliott selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Anfield, Inggris, Minggu (5/3/2023). Liverpool memenangkan pertandingan melawan Manchester United dengan skor telak 7-0. (AP Photo/Jon Super)

Melansir dari FiveThirtyEight, Manchester United hampir pasti terkualifikasi Liga Champions dengan peluang sebesar 97 persen. Pasukan Erik ten Hag itu juga memiliki peluang yang lebih besar untuk finis di posisi ketiga (62 persen) ketimbang posisi keempat (35 persen) dan kelima (3 persen).

Sementara itu, Liverpool hanya memiliki peluang sebesar 3 persen untuk dapat mengakhiri musim di posisi keempat.

Meski memiliki peluang yang sangat besar dan hampir tidak mungkin gagal, Man United tetap harus berhati-hati. Pasalnya, mereka memiliki jumlah selisih gol yang kecil (11).

Jika klub peraih 13 gelar Liga Inggris itu harus kalah dalam semua sisa pertandingannya dan Liverpool berhasil menang melawan Southampton, kemungkinan besar MU akan tergeser sebab The Reds memiliki selisih gol yang jauh lebih besar (28).


Hanya Butuh Satu Hasil Imbang

Chelsea vs Manchester United
Luke Shaw (tengah) diapit oleh pemain Chelsea pada pertandingan Liga Inggris antara Manchester United dan Chelsea di Stadion Stamford Bridge di London, Sabtu, (22/10/2022). (AP Photo/Frank Augstein)

Adapun Manchester United dalam dua pertandingan terakhirnya akan menghadapi Chelsea pada Jumat (26/5/2023) dan Fulham pada Minggu (28/5/2023). Kedua laga tersebut akan dimainkan di kandang United Old Trafford. Setan Merah pun hanya membutuhkan minimal satu hasil imbang untuk mengamankan spot Liga Champions

Jika melihat catatan dan rekor pertemuan MU dengan kedua klub tersebut, nampaknya Erik ten Hag berpeluang besar untuk menyapu bersih sisa laganya dengan kemenangan. Pada pertemuan sebelumnya dengan Chelsea, United hampir kalah jika Casemiro tidak menyamakan kedudukan pada menit 90+4.

Kendati begitu, The Blues seperti diketahui sedang berada dalam performa yang buruk dengan mereka saat ini menduduki peringkat 12 klasemen Liga Inggris. Oleh karena itu, duel ini diharapkan dapat menjadi mudah bagi Ten Hag dan para pasukannya.

Sementara dalam laga sebelumnya melawan Fulham, United berhasil keluar sebagai pemenang di Craven Cottage melalui gol telat Alejandro Garnacho pada menit 90+3


Butuh Keberuntungan Besar

Hasil Liga Inggris: Liverpool Taklukkan Southampton di Anfield
Pemain Liverpool Darwin Nunez (kanan) berebut bola dengan pemain Southampton Mohamed Elyounoussi pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, 12 November 2022. Liverpool mengalahkan Southampton dengan skor 3-1. (AP Photo/Jon Super)

Sementara itu di satu sisi Liverpool nampaknya akan membutuhkan keberuntungan yang besar untuk mengubah nasib mereka. Pasalnya, meski mereka mampu memenangkan pertandingan terakhir melawan Southampton pada Minggu (28/5/2023), mereka tetap tidak bisa menembus posisi empat besar jika Man United tidak kalah dalam semua sisa pertandingannya.

The Reds sendiri berpeluang besar untuk meraih poin penuh dalam duel terakhirnya di Liga Inggris musim ini tersebut. Pada pertemuan sebelumnya, Mohamed Salah dan rekan-rekan berhasil menang meyakinkan atas The Saints dengan skor 3-1 melalui brace Darwin Nunez dan gol tunggal Roberto Firmino.

Southampton sendiri saat ini sudah dipastikan akan terdegradasi ke kasta kedua.


Jadwal Liga Inggris

Laga Tunda Pekan Ke-32

Kamis, 25 Mei 2023 pukul 02.00 WIB Brighton & Hove Albion Vs Manchester City

Jumat, 26 Mei 2023 pukul 02.00 WIB Manchester United Vs Chelsea

Pekan Ke-38 – Minggu, 28 Mei 2023 Pukul 22.30

Aston Villa Vs Brighton

Everton Vs Bournemouth

Leeds United Vs Tottenham Hotspur

Brentford Vs Manchester City

Manchester United Vs Fulham

Chelsea Vs Newcastle United

Leicester City Vs West Ham United

Arsenal Vs Wolverhampton Wanderers

Southampton Vs Liverpool

Crystal Palace Vs Nottingham Forest

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya