Gelar Laga Lawan Argentina, Erick Thohir Tegaskan Sepak Bola Indonesia Sudah Bangun dari Tidur

Erick Thohir juga sebut pertandingan melawan juara dunia sepak bola tiga kali Argentina dimaksudkan sebagai bagian untuk mempersiapkan mental timnas Indonesia.

oleh AY Yustiawan diperbarui 20 Jun 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 10:00 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir Sambut Langsung Kedatangan Argentina
Meski sang megabintang Lionel Messi tak ikut, sejumlah pemain ternama lainnya hadir. Seperti Enzo Fernandez, Leandro Paredes, Emiliano Martinez, dan Alejandro Garnacho. (FOTO: instagram.com/erickthohir/)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir merasa bersyukur bisa menggelar laga uji coba melawan tim juara dunia Argentina. Erick berharap pertandingan ini menunjukkan tanda-tanda kebangkitan sepak bola Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Argentina dalam laga FIFA Match Day di Stadion Utama GBK, Senin malam WIB (19/6/2023). Dua gol Tim Tanggo ditentukan tendangan jarak jauh Leandro Paredes dan sundulan Cristian Romero.

Selanjutnya, Erick mengharapkan dunia bisa melihat sepak bola Indonesia bangun dari tidur dengan diselenggarakannya laga FIFA Match Day Indonesia melawan tim nasional Argentina.

"Nomor satu, bagaimana dunia melihat sepak bola kita bangun dari tidur dan ini membuktikan dengan tim juara dunia mau hadir ke Indonesia," kata Erick, Senin kemarin.

Bukan itu saja, kata Erick, pertandingan melawan juara dunia sepak bola tiga kali tersebut juga dimaksudkan sebagai bagian untuk mempersiapkan mental tim nasional sepak bola Indonesia dalam menghadapi laga-laga lainnya.

"Ini bagian dari kita tes nyali, tes mental untuk supaya tim nasional kita siap karena tahun ini kan ada pertandingan juga kualifikasi Piala Dunia 2026. Walaupun target kita 2038, tapi kan siapa tahu, kita coba yang terbaik," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rasa Nasionalisme Masyarakat Meningkat

Suporter Indonesia Vs Argentina
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku senang dengan adanya laga ini karena bisa mendorong UMKM Indonesia untuk menjadi ekosistem industri sepak bola. Salah satunya melalui penjualan merchandise Laga Timnas Indonesia Vs Argentina. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pertandingan melawan Argentina, lanjut Erick diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat. Menurut Erick, nasionalisme bisa dibangun karena adanya kesatuan dalam mendukung Merah Putih.

"Ini terbukti, (suporter) ada dari Madura, ada dari Singkawang, ada dari Sumatra, Solo, Jawa, kita bersatu, tidak melihat suku, agama, yang ada cuma Merah Putih. Nah itu nasionalisme hanya bisa dibangun karena Merah Putih," jelasnya.


Erick Thohir Tegaskan Prestasi Juga Harus Membaik

Ketua PSSI, Erick Thohir, bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Ketua PSSI, Erick Thohir, bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.Instagram Erick Thohir).

Erick juga bersyukur dengan tingginya antusiasme masyarakat atas pertandingan sepak bola Indonesia melawan Argentina. Dia berharap industri olahraga Indonesia bisa bangkit, disertai pencapaian prestasi yang juga membaik.

"Saya rasa antusiasme luar biasa dan inilah yang kita harapkan bahwa industri olahraga kita bangkit, tetapi prestasi kita juga harus membaik," kata dia.(Ant)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya