Man City Gagal Menang di Community Shield, Pep Guardiola Malah Sombongkan Gelar Liga Inggris

Manchester City gagal menambah koleksi trofinya jelang memasuki musim 2023/2024. The Citizens harus merelakan podium Community Shield usai ditaklukkan Arsenal lewat adu penalti pada Minggu (6/8/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 07 Agu 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2023, 14:30 WIB
Mateo Kovacic, Community Shield, Man City
Manchester City gagal memetik kemenangan atas Arsenal di Community Shield pada Minggu (6/8/2023) malam WIB. Meski unggul lebih dulu lewat aksi Cole Palmer, The Citizens akhirnya takluk dari Meriam London lewat skema adu penalti. (Glyn KIRK / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manchester City gagal menambah koleksi trofinya jelang memasuki musim 2023/2024. The Citizens harus merelakan podium Community Shield usai ditaklukkan Arsenal lewat adu penalti pada Minggu (6/8/2023).

Skuad racikan Pep Guardiola sejatinya cukup mendominasi jalannya pertandingan di 15 menit awal. Kevin de Bruyne dan kawan-kawan juga berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-77 usai Cole Palmer mencatatkan nama di papan skor.

Sayangnya, dominasi Manchester City gagal dipertahankan hingga pengujung duel. Peluang The Citizens untuk menang buyar setelah Leandro Trossard mengonversi umpan Bukayo Saka, yang mengantar timnya mencetak skor penyeimbang 1-1 di menit 90+11.

Situasi ini lantas memaksa pertandingan berlanjut ke adu penalti. Empat algojo Arsenal, yang terdiri atas Martin Odegaard, Leandro Trossard, Bakayo Saka, dan Fabio Viero mampu menjalankan tugasnya dengan.

Sementara itu, dua eksekutor milik Man City, yakni Kevin de Bruyne dan Rodri malah gagal mengantar bola menemui jaring. Alhasil Arsenal dipastikan berhak mengangkat trofi Community Shield dengan skor akhir 4-1 (1-1).

Kekalahan tersebut sekaligus menandai kali ketiga Manchester City gagal menang di ajang Community Shield. Kendati begitu, juru taktik City Pep Guardiola nampaknya tak terlalu tertekan dengan kekalahan tim racikannya dari.

Pelatih berusia 53 tahun itu malah memberi komentar setelah ditaklukkan Arsenal. Ia juga tak ketinggalan menyombongkan gelar Liga Inggris yang dimenangkan skuadnya tiga musim berturut-turut.

"Kami kalah dalam tiga (Community Shield) berturut-turut! Akan tetapi, kami memenangkan Premier League," tutur Guardiola dalam konferensi pers selepas laga, seperti dilansir dari Mirror.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manchester City Tampil Baik

Pep Guardiola
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat menghadapi Yokohama Marinos pada laga uji coba pramusim 2023/2024 di Tokyo, Jepang (23/7/2023). Guardiola memandang timnya tampil baik, meski kalah dari Arsenal di Community Shield. (AP Photo/Shuji Kajiyama)

Lebih lanjut, Pep Guardiola juga tak menyoroti kekurangan tertentu dalam laga The Citizens kontra Meriam London di Community Shield. Juru taktik berkepala plontos itu menilai anak-anak asuhnya tampil baik, terlepas dari hasil yang mereka peroleh di akhir laga.

"Tim (Manchester City) tampil luar biasa. Di babak kedua menit-menit akhir, para pemain di lini serang banyak menekan dan itu wajar," tutur Guardiola soal performa anak-anak asuhnya.

"Kami bukan NBA yang ketika selesai, mendapatkan waktu tiga bulan untuk pemulihan (recovery). Hal itu tidak terjadi di sini. Dalam musim yang baik maupun buruk, itu tidak terjadi."

"Anda harus bisa beradaptasi, dan itulah mengapa saya terkejut dengan betapa bagus performa kami (saat menghadapi Arsenal)," tandas dia, dikutip dari Mirror.


Manchester City Fokus Hadapi Musim Baru

Hasil Community Shield Arsenal Vs Manchester City
Pada babak kedua, Manchester City kembali mencoba mendominasi pertandingan. Hasilnya tercipta gol pada menit ke-77 lewat Cole Palmer yang memanfaatkan umpan dari Kevin de Bruyne. (AP Photo/David Cliff)

Guardiola sendiri tak menampik bahwa ada sedikit kekecewaan yang dirasakan sebab kemenangan di depan mata Manchester City gagal didapat.

Walau begitu, ia tetap puas lantaran bisa memberi menit bermain bagi anak-anak asuhnya dan bertekad bakal fokus menghadapi musim baru, dengan laga perdana Liga Inggris melawan Burnley dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (12/8/2023) dini hari WIB mendatang.

"Kami sudah dekat (dengan kemenangan) dan kami sedikit kecewa terhadap hasil akhirnya, tetapi inilah sepak bola," tutur Guardiola pasca kekalahan dari Arsenal.

"Jika Anda tidak bisa menang, Anda setidaknya bisa memberikan menit bermain kepada para penggawa, dan saya sekarang memikirkan hari Jumat ketika kami akan bermain (di kandang) Burnley," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya