Menpora Upayakan GBK Siap saat Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan pihaknya terus memantau kondisi stadion agar siap dipakai saat Timnas Indonesia melakoni lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 03 Jun 2024, 20:50 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 20:50 WIB
Latihan Timnas Indonesia
Situasi Lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (28/5/2024) sore WIB pada latihan perdana Timnas Indonesia. Menpora memastikan GBK bakal siap saat skuad Garuda menjamu Irak dan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 dan 11 Juni 2024. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan pihaknya terus memantau kondisi stadion agar siap dipakai saat Timnas Indonesia melakoni lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, skuad Garuda dijadwalkan menjamu Irak dan Filipina pada 6 serta 11 Juni mendatang. Laga ini menjadi momen krusial guna memastikan kelolosan skuad Garuda ke ronde 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers.

Adapun tim racikan Shin Tae-yong sejauh ini ada di posisi cukup bagus lantaran mampu menduduki peringkat 2 klasemen sementara Grup F dengan perolehan 7 poin dari 4 pertandingan.

Pasukan Garuda unggul 4 angka dibanding rival terdekatnya Vietnam yang menempati posisi 3 dan tinggal membutuhkan setidaknya satu kemenangan lagi guna mengunci tiket menuju ronde selanjutnya.

Menpora Dito Ariotedjo pun menegaskan, pihaknya bersama PSSI hingga kini terus memantau kesiapan infrakstruktur jelang pertandingan penting Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia juga mengeklaim pihaknya bakal memastikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bakal fit untuk dipakai saat skuad Garuda menjamu lawan-lawannya di dua laga tersisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan Menpora soal Kesiapan Stadion

Timnas Indonesia vs Vietnam: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Para pemain Timnas Indonesia (dari kiri) Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, Nathan Noel dan Rafael Struick dalam sesi pemanasan sebelum dimulainya laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Kita kan sudah memiliki berbagai stadion utama di Jakarta, ada GBK dan JIS juga. Dan untuk timnas ini sedang dibangun fasilitas training center khusus di IKN bersama FIFA " ucap Menpora saat ditemui awak media selepas rapat Komisi X DPR RI untuk membahas naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven pada Senin (3/6/2024).

"Dan saya rasa, namanya pengelolaan stadion ada kekhususannya. Ini yang selalu kita jaga, antara kami Kemenpora bersama PSSI selalu memantau day to day bagaimana persiapan stadion, khususnya yang dipakai nanti di GBK (agar) kondisinya prima dan fit," tambah Dito Ariotedjo.


Harapkan Infrakstruktur Memadai

Timnas Indonesia vs Vietnam: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Gelandang Timnas Indonesia, Yakob Sayuri saat menghadapi Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selaras dengan pernyataan tersebut, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengeklaim pihaknya bersama Kemenpora juga selalu mengharapkan dan mengupayakan infrastruktur terbaik bagi skuad Garuda kala melakoni laga kandang internasional.

Hal itu menurutnya menjadi aspek penting sebab Timnas Indonesia senantiasa mendapat prasarana terbaik ketika bertandang ke negara lain.

"PSSI selalu berharap bahwa ada ketersediaan infrastruktur yang sangat memadai (saat Timnas Indonesia bermain di kandang). Kemenpora sudah menyiapkan dan berharap seperti itu juga," ucap Yunus Nusi dalam kesempatan yang sama.

"Namun, ada beberapa kendala yang kita hadapi, dan ini sangat tidak baik khususnya bagi kita Indonesia atau federasi karena ketika kita main di Irak lapangannya bagus-bagus. Kita juga bermain di negara lain kita disiapkan lapangan rumput yang bagus-bagus."

"Ke depannya, Pak Menteri sudah berkomitmen dengan kami untuk selalu memberikan dan menyiapkan infrastruktur. Dan atas rekomendasi Menpora, kita saat ini sedang revitalisasi 22 stadion dan mudah-mudan itu akan bisa digunakan oleh timnas kita (di masa depan)," pungkas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya