Hoaks Video Terkini, Simak Biar Tak Terkecoh

Kumpulan hoaks video hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 25 Okt 2023, 15:37 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2023, 19:00 WIB
Video hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.
Berikut kumpulan video hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta- Pembuat hoaks memanfaatkan beragam kemasan untuk menyebar informasi bohong dan agar ada pihak yang mempercayainya, salah satunya berbentuk video.

Hoaks dalam bentuk video memang kerap sulit dikenal, sehingga penerimannya bisa terkecoh dan mempercayainya.

Untuk mengenali hoaks seputar video bisa dilakukan dengan berbagi cara, salah satu cara yang termudah adalah dengan menyimak kumpulan hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Berikut kumpulan hoaks video hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Video Jokowi Panggil Rocky Gerung ke Istana

Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi memanggil Rocky Gerung ke Istana untuk mengklarifikasi ucapannya beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Agustus 2023.

Video berdurasi 10 menit 36 detik itu menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi yang tengah berjalan bersama putranya, Kaesang Pangarep dan Rocky Gerung. Video itu juga tertulis narasi sebagai berikut.

"BREAKING NEWS

JOKOWI UNDANG ROCKY GERUNG KE ISTANA

KLARIFIKASI UCAPAN B*J*NG*N T*L*L LANGSUNG DILAKUKAN

"J0K0W! P4NGG!L R0CKY GERVNG KE !ST4N4 VNTVTK D!M!NT4! KL4R!F!K4S! S04L VC4P4N B*J*NG*N T*L*L!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 86 ribu kali ditonton dan mendapat 393 komentar dari warganet.

Benarkah video yang diklaim Jokowi memanggil Rocky Gerung ke Istana untuk mengklarifikasi ucapannya? Simak dalam artikel berikut ini...

 


Video Mengungkap Agama Asli Erick Thohir

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.

Unggahan klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, menampilkan Erik Thohir sedang dalam ruang dengan sejumlah orang dan terlihat ornamen dalam ruang tersebut bergaya oriental dan terdapat lilin.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "AGAMA ASLI ERIK TOHIR, SEDANG ACARA SEMBAYANG DENGAN KELUARGA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hayyyaaa ketawan lu cekalang , lu ga bisa ngelak and bo'ong lagi aaaa......🤣🤣🤣"

Benarkah klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir? Simak hasil penelusurannya di sini....

 


Video Jokowi Umumkan Pemberian Bantuan Rp 1,2 Juta dengan Cantumkan Tanda Like Akun TikTok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan pemberian bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok.

Klaim Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok berupa video yang menampilkan Jokowi sedang berbicara menggunakan pengeras suara "Diberikan bantuan sebesar satu juta 200 ribu"

Dalam tayangan tersebut pun terlihat seorang yang sedang memegang sejumlah lembaran uang nominal Rp 100 ribu.

Pada tayangan tersebut terdapat tulisan "Diberikan bantuan sebesar Rp 1.200.000 bagi yang sudah ikutan cara ini"

Kemudian video tersebut menanyangkan cara untuk mendapati uang tersebut yaitu menampilkan akun TikTok bernama Bp Jokowi yang menampilkan unggahan foto Jokowi mengenakan busana adat Jawa, dalam video tersebut pun terdapat tangan yang bergerak memberikan Like dan mengarahkan untuk menyalin tautan.

Kemudian pada video berikutnya menampikan halaman yang menyatakan seorang mendapat uang.

Benarkah Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya